4 Kelemahan Ketika Berinvestasi Pada Cryptocurrency

Trend investasi selama pandemi Covid 19 sekarang ini mengalami peningkatan yang cukup drastis, karena banyak orang memilih untuk menambah pemasukan dan pendapatan dengan memilih investasi. Termasuk yang banyak dipilih dan dicari oleh masyarakat sekarang ini dengan berinvestasi pada crypto yang belakangan ini terus meningkat dan banyak dipilih. 

Apalagi dengan kenaikan crypto atau mata uang digital ini terus mengalami kenaikan yang terbilang sangat cepat dan tinggi. Tidak mengherankan banyak orang yang tertarik dan gagap mengambil keputusan untuk mendapatkan keuntungannya. Tetapi, apakah Anda mengetahui kekurangan investasi pada crypto? Simak penjelasannya secara lengkap dan jelas berikut ini!

Kekurangan Investasi Crypto

Untuk Anda yang sudah lama menggeluti dunia investasi tentunya sudah tidak asing dengan crypto currency, karena ada beberapa kekurangannya. Dalam tahap ini kami akan memberikan beberapa pandangan dan penjelasannya secara menyeluruh terkait dalam memilih crypto menjadi bagian dari kebutuhan investasi yang Anda inginkan dan harapkan tersebut. 

Berikut ini ada beberapa kekurangan yang bisa Anda temukan ketika memilih investasi pada crypto currency atau mata uang digital tersebut, simak ulasan lengkapnya.

1. Dilarang Bank Indonesia

Mungkin Anda mendengar dan membaca berita kalau di beberapa negara mata uang digital sudah bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk alat pembayaran. Tetapi hal ini tidak berlaku di Indonesia, karena apabila Anda menggunakan dan memanfaatkan mata uang digital satu ini sebagai alat pembayaran akan terkena pelanggaran hukum yang telah ditentukan. 

Hal ini mengacu dari pelarangan Bank Indonesia yang menyatakan kalau crypto currency boleh dijadikan sebagai instrumen investasi, tetapi tidak untuk penggunaan terhadap jual beli barang. Karena kegiatan dan tindakan tersebut hanya akan memberikan kerugian yang harus Anda pahami dan tentukan semuanya secara maksimal sebelum langsung investasi. 

Meskipun dengan keadaan yang terus naik dan meningkat tetap Anda harus memperhatikan berbagai hal secara jelas dan menyeluruh. Tindakan ini membuat Anda bisa mengantisipasi berbagai kejadian yang tidak diharapkan nantinya. Dengan begitu sebelum langsung mengikuti orang banyak Anda harus melihat kebutuhan dan ketentuannya terlebih dahulu. 

2. Resiko Tinggi 

Jika Anda memilih instrumen cryptocurrency sebagai acuan untuk kebutuhan investasi, tentunya Anda harus melihat dan memahami beberapa resiko yang ada. Dalam tahap ini ketika Anda hendak untuk menentukan dan menjadikan sebagai investasi jangka panjang harus memperhatikan mengenai resiko yang ada dan ditimbulkan mengenai kegiatan tersebut. 

Dalam tahap ini Anda perlu melihat kalau dalam investasi mata uang digital satu ini Anda akan melihat terhadap volatilitasnya. Karena dalam investasi crypto Anda akan dihadapkan oleh keadaan harga yang akan naik sangat drastis, bahkan bisa langsung turun ke nominal yang tidak Anda harapkan untuk datang, karena benar-benar terjadi cepat dan tidak terprediksi. 

Dengan demikian sebagai investor Anda berharap untuk mendapatkan banyak keuntungan akan membuat Anda akan menjadi kesulitan untuk menikmati sesuap nasi. Karena prosesnya memberikan resiko yang begitu besar dan tidak terukur. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikannya agar bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan. 

Hal ini berbeda dengan Anda yang ingin investasi pada saham atau reksadana, karena semuanya telah terukur dan terprediksi dengan sangat tepat. Sehingga akan jauh lebih aman untuk Anda lihat dan perhatikan. Dengan begitu, apabila Anda tidak ingin mengambil resiko yang besar mungkin bisa mencoba investasi pada saham atau reksadana. 

3. Sulit Menganalisis Pasar

Dalam mata uang yang sering Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari tersebut semuanya memiliki fundamental yang jelas terkait suku bunga, kondisi ekonomi, dan sebagainya. Sehingga untuk kebutuhan analisisnya sangat mudah untuk dilakukan dan digunakan secara menyeluruh terkait kegiatan tersebut. 

Hal ini berbeda dengan cryptocurrency, karena semuanya tidak mengandalkan pasar dan tidak ada negara yang mengaturnya, dapat dikatakan tidak mempunyai fundamental pasti. Dalam tahap ini Anda harus bisa memperhatikannya dengan jelas dan menyeluruh agar mendapatkan keuntungan yang jelas ketika Anda hendak ingin untuk berinvestasi pada cryptocurrency itu. 

4. Tidak Ada Aturan Mengikat

Proses mata uang digital yang digunakan ini menggunakan teknologi yang berbasis blockchain, dalam tahap ini sistem perekaman yang ada dan digunakan akan sangat sulit untuk diubah, dicurangi, dan dihack oleh beberapa pihak yang ada. Dengan demikian kesulitan untuk beberapa badan atau otoritas untuk mengawasinya secara langsung. 

Tidak hanya itu saja, untuk membuat aturan yang ada akan sangat sulit untuk dipahami dan dilakukan dengan jelas. Dengan demikian, apabila Anda permasalahan yang ada dan muncul akan sangat sulit untuk diperhatikan, karena tidak ada lembaga yang menanganinya. Oleh karena itu, cryptocurrency menjadi investasi yang penuh resiko.

Demikianlah beberapa kelemahan mengenai cryptocurrency yang bisa Anda pahami dan ketahui dengan jelas, sehingga ketika Anda ingin memilihnya harus mempertimbangkannya.