6 Rekomendasi Tanaman Dalam Rumah dan Perawatannya

Masa Pandemi Covid 19 saat ini banyak beberapa aktivitas terposir dalam rumah saja, sehingga banyak beberapa orang mencari kesibukan untuk mengatasi kebosanan yang ada. Salah satunya dengan mencoba kegiatan yang baru yaitu bercocok tanam. Untuk yang tinggal diperkotaan hal ini menjadi persoalan, karena keterbatasan lahan yang ada. 

Namun, sebenarnya ada beberapa tanaman yang bisa Anda aplikasikan dan tanam dalam rumah. Apalagi proses perawatannya pun tidak begitu sulit untuk dilakukan, dalam tahap ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi terkait tanaman itu. Berikut ini beberapa referensi tanaman yang bisa Anda coba, yuk kita bahas bersama-sama. 

Tanaman Untuk Dalam Rumah 

1. Tanaman Seledri 

Rekomendasi tanaman pertama yang bisa Anda coba untuk ditanam dalam ruangan itu bisa mencoba Seledri. Jenis tumbuhan satu ini bisa menjadi referensi yang menarik untuk Anda coba aplikasikan secara langsung. Karena prosesnya pun tidak begitu sulit dan sangat mudah untuk dilakukan dengan rumah dan medianya pun sangat mudah didapatkan. 

Bahkan, untuk menanam seledri ini sangat praktis. Tahapannya Anda bisa memilih menanam menggunakan biji atau sisa batang dengan memiliki akar didalamnya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan bisa langsung memotong tunggul yang ada dengan ukuran 2 inci saja, lalu letakkan dalam wadah berisi air dan sedikit tanah. 

Tunggu beberapa minggu pada bagian tengah potnya akan tumbuh seledri yang diharapkan. Untuk perawatannya sendiri Anda tinggal memberikan air yang cukup dan jangan sampai kering saja. 

2. Tanaman Tomat 

Jika Anda ingin merasakan sensasi tanaman yang berbeda mungkin bisa mencoba media lainnya, salah satunya yang dapat Anda pilih adalah tomat. Jenis tanaman ini termasuk yang bisa Anda aplikasikan dalam ruangan atau rumah. Tetapi, pastikan Anda meletakannya pada sudut yang mendapatkan sinar matahari yang relatif banyak. 

Untuk proses tanamnya sendiri Anda bisa melakukannya dengan menyediakan pot dengan ukuran yang agak besar dan berikan penyangga pada bagian tengah pot yang telah terisi tanah tersebut. Hal tersebut diperuntukkan untuk Tomat agar bisa berdiri dengan tegak dan menarik jika dilihat apabila sudah tumbuh dengan maksimal. 

Namun, sekarang ini ada beberapa inovasi yang dibuat. Apabila Anda tidak ingin terlalu repot bisa memesan tomat yang sudah dikecilkan atau kerdilkan. Proses ini membuat Anda tidak memerlukan penyangga yang terlalu tinggi dan kesulitan merawatnya nanti. 

3. Tanaman Wortel 

Apabila Anda tertarik untuk berkebun dalam rumah, karena keterbatasan lahan mungkin bisa juga mencoba untuk menanam wortel. Apalagi tanaman satu ini sangat menyukai udara yang sejuk dan cocok untuk Anda aplikasikan dalam ruangan. Tetapi, mengenai tempatnya Anda harus memperhitungkan dengan detail. 

Karena apabila Anda salah dalam menentukannya akan kesulitan dan membuat semuanya jadi berantakan. Prosesnya Anda harus mencari dan memilih pot yang agak panjang, sebab tanaman wortel sendiri itu termasuk kedalam sayuran yang mempunyai akar. Sehingga pilih pot yang mampu untuk menunjang akarnya agar dapat tumbuh maksimal. 

4. Tanaman Daun Bawang

Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai daun bawang yang bisa ditanam dalam rumah, karena kebanyakan ditemukan pada perkebunan dengan lahan luas dan diluar ruang. Tetapi, sebenarnya tanaman ini sangat mudah dalam perawatan dan tidak membutuhkan beberapa area tertentu dalam rumah pun bisa diaplikasikan. 

Apalagi jenis tanaman ini tidak begitu ribet dan sulit dalam melakukan perawatan, karena proses untuk tumbuh sangat cepat. Untuk Anda yang ingin merawatnya ada beberapa cara untuk menanamnya. Bisa menggunakan biji atau media batang untuk menumbuhkannya, jika menggunakan batang yang ada, lalu gunakan wadah berisi air dan pindahkan ketika ada akar. 

5. Tanaman Cabai 

Hal selanjutnya yang bisa Anda tanam dalam ruangan adalah Cabai. Namun, ketika hendak memelihara dan menanamnya Anda harus meletakan pot dalam ruangan yang terdapat sinar matahari yang cukup. Dengan demikian cabai yang Anda tanam tersebut dapat tumbuh dengan sehat dan tidak mengalami permasalahan. 

Sebenarnya mengenai perawat tidak begitu sulit, terpenting Anda meletakkannya pada kondisi yang tepat dan menyiramnya dengan tepat. Kondisi ini akan membuat tanaman cabai Anda tersebut dapat tumbuh subur. 

6. Tanaman Strawberry 

Siapa penyuka strawberry? Jika Anda termasuk penyuka buah tersebut bisa langsung menanamnya dalam rumah dan prosesnya untuk tumbuh tidak begitu sulit. Tetapi, mengenai perawatannya memang agak berbeda ketika di luar ruangan. Karena strawberry membutuhkan penyerbukan, sehingga ketika menamannya Anda harus bantu dengan penyerbukan.

Apabila Anda sudah mengetahuinya, sebenarnya tidak ada permasalahan. Apapun jenis tanaman terpenting harus terus dipantau dan disiplin dalam merawatnya. 

 

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai rekomendasi tanaman yang bisa Anda tanam dalam rumah dan proses perawatannya yang mudah untuk dilakukan. Semoga beberapa referensi diatas dapat membantu kebosanan Anda dirumah.