7 Tips Menjadikan Hidup Sehat Sebagai Lifestyle

rutin berolahraga

ustmovie.net – Siapa sih yang tidak ingin sehat? Dihadapkan dengan berbagai risiko penyakit di sekitar kita, tidak heran jika kian banyak orang yang berupaya untuk jalani gaya hidup sehat. Tapi tidak sedikit pula yang tunjukkan keluhan karena rasa enggan dan malas yang muncul. Dengan segala keuntungannya, ada baiknya Anda coba gaya hidup sehat ini. Tidak perlu bersusah payah, berikut ini adalah sejumlah tips cara gaya hidup sehat yang mudah dilakukan. 

Inilah Cara Sederhana Untuk Jalankan Gaya Hidup Sehat Yang Bisa Anda Coba

  1. Menjaga Pola Makan Sehat dan Teratur 

Ketersediaan makanan cepat saji atau fast food dan layanan ojek makanan seakan buat orang terlena. Namun, dibalik rasa enak dan instannya makanan ini punya kandungan lemak, garam, dan gula yang tidak baik untuk tubuh. Apalagi jika tidak diimbangi dengan asupan sayur yang cukup. Karena itu ubah pola makan menjadi lebih baik. Anda bisa memulai dengan cara mudah, yaitu mengurangi konsumsi makanan fast food.

pola makan sehat dan teratur

Dalam hal ini Anda harus mulai batasi asupan garam dan gula. Memasak di rumah atau memasak sendiri adalah salah satu cara terbaik agar kandungan makanan terjamin. Selain itu, jangan lupa untuk makan makanan yang kaya serat dan bervitamin. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah untuk pola hidup sehat. Selain itu dominasi makanan kukus dan rebus yang dikonsumsi secara teratur. Hindari juga makanan berlemak. 

Makanan yang sesuai dengan pola hidup sehat tidak selalu hambar atau tidak enak ya. Banyak sekali pilihan makanan bergizi enak yang bisa Anda pilih. Ada baiknya Anda makan sayur dan buah lima sampai enam porsi per harinya. Jika merasa terlalu sulit, maka mulai dengan satu porsi per hari dan tambahkan seiring dengan waktu.  Anda juga bisa konsumsi smoothies, yogurt, atau susu untuk tambahan protein. 

  1. Hindari Tidur Larut Malam 

Hanya karena kerjaan menumpuk bukan berarti harus relakan istirahat. Jangan terlalu sering lembur dan pastikan Anda istirahat dengan cukup. Tidur yang cukup akan bantu regenerasi sel tubuh dengan baik. Sehingga menjauhkan dari penyakit dan mengurangi kadar enzim stres yang menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan lain. Waktu istirahat yang cukup kurang lebih adalah 8 jam. Dengan tidur cukup, tubuh akan terasa segar dan siap untuk beraktivitas kembali. 

Baca Juga : Kartu Kredit Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup

  1. Rutin Berolahraga 

Ini adalah lifestyle hidup sehat yang penting tapi juga sering dirasa melelahkan bahkan malas. Padahal berolahraga tidak perlu modal banyak, dengan niat dan komitmen yang kuat saja akan membawa langkah Anda untuk berolahraga.

rutin berolahraga

Modelnya pun bermacam. Anda bisa yoga, jogging, berenang, senam, atau bahkan jalan kaki keliling kompleks. Rutinitas ini bisa bantu hindarkan dari penyakit dan kelebihan berat badan.

  1. Berjemur Untuk Asupan Vitamin D

Masih merasa malas untuk berolahraga? Mungkin Anda bisa lakukan berjemur di pagi hari. Sinar mentari pagi punya nutrisi dan vitamin D yang baik untuk tubuh. Sembari berjalan pagi, Anda bisa sekalian berjemur untuk mendapat asupan vitamin ini. Memang apa fungsi vitamin D? Vitamin pagi hari ini berguna untuk suplemen kesehatan tulang, bantu generasi sel imun, hindari penyakit jantung, stroke, diabetes, dan juga kanker yang berbahaya. 

  1. Hentikan Kebiasaan Buruk 

Merokok, tidur berlebihan, begadang, hingga konsumsi narkoba, bisa dijadikan contoh sejumlah kebiasaan buruk yang harus dihindari dan hentikan. Untuk jalani hidup sehat tidak akan lengkap jika hanya menjaga pola olahraga dan makan. Tapi juga perlu dimaksimalkan dengan menghindari segala hal yang akan merusak rutinitas dan kesehatan. Contohnya adalah merokok yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang akan membuat imun tubuh menurun. 

  1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih bisa bantu menjaga fungsi otak lebih sehat, tingkatkan berkonsentrasi, dan juga beri suasana hati positif. Kesegaran air putih ternyata mampu menjadi media untuk menurunkan berat badan.

banyak minum air putih

Dengan konsumsi yang cukup, perut akan merasa kenyang sekaligus meningkatkan jumlah kalori yang dibakar. Setidaknya takaran minum air putih minimal adalah 1,5 liter per hari. Jika merasa sulit, Anda bisa mulai dengan minum segelas air setelah makan.   

  1. Hindari Stress 

Selain diet, olahraga, dan istirahat yang cukup, hidup sehat juga perlu diikuti dengan pola pikir yang baik pula. Keadaan pikiran yang stress akan menaikkan kadar kortisol dalam otak yang sebabkan menurunnya metabolisme. Studi mengatakan kalau stress berdampak pada kemungkinan terjadinya depresi yang berpengaruh besar pada masalah kesehatan. Kurangi stress dengan refreshing, jalan – jalan, meditasi, atau berolahraga. 

Nyatanya kesehatan itu bisa datang dari diri sendiri. Hidup sehat sebagai lifestyle sudah banyak diketahui efektif bantu kurangi risiko penyakit. Seperti kanker, gagal ginjal, hingga stroke. Namun tentunya perlu rutinitas, komitmen, dan niat untuk terus menjalankan hidup sehat seperti olahraga, menghentikan kebiasaan buruk, tidak begadang, dll. Ketujuh tips tersebut bisa dijadikan rutinitas hidup yang bermodal niatan untuk jadi sehat.