Aplikasi Zoom Mendadak Booming Di Tengah Covid-19

fitur pada aplikasi zoom

ustmovie.net – Di tengah wabah Covid-19, banyak orang yang menggunakan berbagai cara agar tetap bisa melakukan interaksi sosial dengan orang lain. Salah satu solusi yang terbilang cukup efektif adalah menggunakan aplikasi Zoom. Dimana aplikasi tersebut mendadak booming di tengah wabah Covid-19 yang meledak. Bahkan banyak kelas kelas online yang menggunakan aplikasi tersebut sebagai media belajar mengajar. Penasaran dengan aplikasi Zoom, yuk simak disini.

Mengenal Dengan Dekat Aplikasi Zoom

Apa itu Zoom? Zoom menyediakan layanan video berbasis cloud computing yang mempertemukan antara pemateri dan pengguna secara virtual dalam sebuah sesi webinar maupun rapat. Dengan zoom, seseorang bisa melakukan panggilan suara, video atau gabungan dari keduanya. Yang menarik, hasil pertemuan virtual itu bisa disimpan.

aplikasi zoom

Kualitas Zoom rasanya juga cukup mumpuni. Buktinya terlihat pada perusahaan-perusahaan elit, yang masuk ke daftar Fortune 500, yang memutuskan memakai Zoom untuk keperluan internal maupun eksternal perusahaannya. Fitur yang kaya dan keberadaan layanan Zoom Room dan Zoom Meeting, merupakan beberapa alasan yang menjelaskan kenapa Zoom cenderung dipilih ketimbang yang lain.

Meeting Zoom sendiri merupakan istilah yang mengacu pada momen rapat concall (conference call) yang memakai aplikasi Zoom sebagai hosting utama. Sedangkan Zoom Room merupakan sistem berbasis aplikasi yang menyediakan pengalaman terintegrasi dengan sejumlah fitur seperti konferensi berbasis audio, wireless screen sharing dan konferensi video.  Lewat sistem ini, tuan rumah pertemuan bisa mengundang orang lain langsung, walau saat itu sedang berlangsung sesi pertemuan via zoom.

Baca Juga : Kartu Kredit Antara Kebutuhan dan Gaya Hidup

Harga Berlangganan Zoom Premium

Zoom memang memberikan kemudahan bebas biaya alias gratis untuk pengguna yang mendownload aplikasi melalui laptop. Namun kalau mau memakai fitur yang lebih banya, pengguna aplikasi harus mendaftarkan ID-nya terlebih dulu. Untuk Anda yang ingin melakukan konferensi online dengan peserta lebih dari 1000 orang disaat bersamaan, maka bisa menggunakan paket Enterprise Plus yang ditawarkan mulai dari $19,99 per bulan.

harga berlangganan aplikasi zoom premium

Namun jika Anda termasuk ke dalam pengguna dengan jumlah konferensi yang kecil, maka bisa menggunakan paket gratis. Tetapi tentu saja, paket tersebut memiliki keterbatasan sendiri. misalnya ada peserta yang dibatasi hanya 100 dalam satu konferensi, kemudian pembatasan waktu konferensi video yang hanya selama 40 menit, dan batasan fitur fitur lainnya.

Fitur Utama Milik Zoom

Sebagai aplikasi yang menggunakan teknologi mutakhir, Zoom memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan para pengguna baik untuk grup, kerjaan, dan hal lain. Bahkan Zoom juga bisa dimanfaatkan guna melaksanakan video conference. Untuk memudahkan pengguna melakukan konferensi rapat online, berikut beberapa fitur utama milik Zoom.

Pertama, adanya fitur pertemuan rapat one on one. Pada saat menggunakan Zoom dengan paket gratis, pengundang bisa melakukan panggilan rapat antara dua orang tanpa dibatasi waktu. Selain itu, fitur ini juga memudahkan host untuk bisa memanajemen para user yang bergabung dengan konferensi video yang ia lakukan dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Kedua, Zoom juga bisa digunakan untuk melakukan rapat video secara group dengan adanya fitur konferensi rapat group video. Yang bisa memperbolehkan Host untuk mengundang hingga 500 orang peserta, dengan catatan host tersebut sudah membeli add-on untuk rapat besar. Tetapi juga ada paket gratis, dimana paket tersebut memungkinkan host menyelenggarakan konferensi rapat dengan format video hingga 40 menit dan peserta sampai 100.

fitur pada aplikasi zoom

Tidak hanya dapat bertemu dalam format one on one atau kelompok besar, para peserta juga bisa berbagi layar. Sehingga peserta tersebut bisa melihat apa yang tengah host lihat. Dimana fitur ketiga ini sangat berguna untuk perusahaan perusahaan yang menggunakan Zoom sebagai media rapat pekerjaan, mempresentasikan proyek kepada para klien, dan pekerjaan lainnya.

Tidak hanya berbagi layar, para peserta juga bisa melakukan chat kepada semua user atau kepada user lain secara private. Dimana fitur tersebut sangat bermanfaat untuk berdiskusi antar peserta yang hadir rapat dan konferensi video. Tidak hanya itu, fitur chat tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk sesi FAQ atau tanya jawab dengan memberikan pertanyaan dalam fitur chat.

Yang Terakhir, fitur keren dan menarik yang dimiliki Zoom yakni pengguna bisa melakukan recording atau merekam video call yang saat itu tengah dilakukan. Dimana fitur tersebut sangat bermanfaat bagi para pengguna yang melakukan konferensi video. Pasalnya saat rapat telah selesai, video bisa diupload kembali atau diedit agar menjadi lebih baik. Setelah itu, video bisa dipublikasikan.

Demikian pembahasan mengenai Zoom yang tiba tiba saja booming pada saat wabah Covid-19. Dimana hal tersebut dilandasi karena adanya himbauan untuk tetap berada di rumah dan physical distancing, sehingga menyebabkan beberapa pelajar dan pekerja harus melakukan kegiatan melalui konferensi video. Dan salah satu media yang digunakan adalah aplikasi Zoom. Semoga informasi ini bisa membantu.