Bagaimana Menyiasati Agar Tetap Produktif Selama WFH

atur jam kerja selama wfh

ustmovie.net – Di tengah pandemi pemerintah telah memberi anjuran supaya kita tetap di rumah dan hanya keluar bila memang ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan. Imbauan tersebut membuat sebagian besar pekerja kantor harus mengerjakan pekerjaan dari rumah, atau biasa dikenal dengan istilah work from home (WFH). Meski terdengar menyenangkan, pada dasarnya WFH butuh disiplin yang sangat tinggi. Namun jangan khawatir, berikut 5 tips sederhana untuk menyiasati agar tetap produktif selama Work From Home.

5 Tips Sederhana Menyiasati Waktu Kerja Agar Produktif Selama WHF

  1. Lakukan Rutinitas Pagi Seperti Biasa

Setiap pekerja kantoran pastinya setiap pagi memiliki rutinitas masing masing. Dimana rutinitas tersebut biasanya dilakukan bukan hanya untuk membangkitkan semangat kerja, tapi juga untuk menjaga mood. Mandi pagi dan olahraga, misalnya, jadi dua jenis kegiatan positif yang semestinya dilakukan dengan rutin.

lakukan rutinitas pagi

Untuk itu agar produktivitas kerja tetap baik, maka sebaiknya tetap lakukan rutinitas tersebut meskipun work from home dan tidak pergi ke kantor. Agar lebih semangat dalam bekerja, Anda juga bisa menciptakan suasana kantor di rumah. Salah satunya adalah dengan menggunakan pakaian kantor atau seragam resmi kantor. Dengan cara ini, Anda bisa terlihat profesional walau bekerja di rumah.

  1. Buat Suasana Ruangan Kerja di Rumah jadi Nyaman

Langkah tepat agar tetap produktif saat bekerja dari rumah adalah dengan membuat suasana ruang kerja jadi nyaman dan jauh dari hal-hal yang mengalihkan fokus kita dari pekerjaan. Anda bisa memilih bekerja di ruang tamu, di balkon rumah, atau di kamar pribadi. Jika bosan di ruangan dalam rumah, Anda mungkin bisa pergi ke halaman.

Dengan langkah tersebut, maka Anda tentu lebih bisa untuk konsentrasi dalam menyelesaikan setiap tugas dari kantor. Tapi tidak hanya itu, dengan memilih ruangan khusus maka anggota keluarga lain di rumah tersebut akan tahu bahwa Anda tengah bekerja sehingga orang lain atau siapapun itu tidak diperkenankan untuk mengganggu. Bila perlu, juga bisa membuat tulisan peringatan seperti ‘Jangan Mengganggu! Sedang Kerja’.

Baca Juga : Social Distancing dan Physical Distancing, Apa dan Bagaimana Penerapannya

  1. Mengatur Jam Kerja Seperti Biasa

Yang menjadi tantangan utama pada saat kerja dari rumah adalah sulitnya mengatur waktu secara optimal. Dimana hal tersebut dikarenakan ada banyak faktor yang cukup sulit dikendalikan dan mengganggu konsentrasi serta fokus adalah penghalang produktivitas terbesar pada saat bekerja di luar kantor. Perlu diketahui, distraksi biasanya akan muncul dari orang orang yang ada di rumah yang tidak memahami kondisi Anda yang tengah work from home.

atur jam kerja selama wfh

Oleh karena itu, sebisa mungkin ingatkan anggota keluarga yang lain bahwa Anda memiliki waktu yang terbatas dalam bekerja sekaligus sangat perlu untuk tetap mengatur waktu kerja seperti biasa tanpa adanya toleransi waktu. Jadi saat masuk kantor jam 8 pagi dan pulang jam 4 sore, maka atur waktu kerja sama seperti itu. Dimana hal tersebut sangat penting untuk tetap disiplin dan bisa meningkatkan produktivitas kerja.

  1. Menetapkan Waktu Istirahat

Kesulitan lain yang bisa muncul pada saat kerja dari rumah adalah sulitnya dalam hal mengatur waktu, salah satunya adalah mengatur waktu untuk istirahat. Padahal kunci agar tetap bisa produktif dan tetap fokus dalam bekerja di rumah ialah mendapatkan istirahat yang cukup. Artinya agar bisa bekerja dengan produktif adalah dengan mempunyai waktu untuk istirahat yang sudah dijadwalkan dengan sedemikian rupa.

Untuk itu, seimbangkanlah waktu untuk kerja dan kehidupan pribadi (work and life balance). Misalnya dengan mengatur jam untuk istirahat awal, istirahat makan siang, kemudian istirahat lagi. Perlu diketahui, fakta membuktikan bahwa tidur siang untuk waktu 15 hingga 30 menit bisa membuat tubuh jadi lebih segar dan bugar. Dan tentunya hal tersebut bisa untuk lebih meningkatkan produktivitas dalam bekerja, pasalnya mood tetap terjaga dengan baik.

  1. Jalin Komunikasi yang Baik

Adanya komunikasi yang baik antar sesama karyawan atau sesama rekan kerja merupakan hal yang sangat penting. Ketika bekerja di kantor, maka komunikasi tersebut tentu saja akan berjalan lebih efektif sebab bisa mengobrol langsung dengan rekan kerja. Namun saat kerja di rumah, komunikasi tersebut kemungkinan sedikit terhambat. Namun tidak perlu khawatir, pasalnya komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan media sosial ataupun telepon.

jalin komunikasi yang baik

Selain itu, komunikasi lewat email juga bisa dilakukan untuk melaporkan hasil pekerjaan. Tidak hanya itu, aplikasi WhatsApp juga bisa digunakan untuk berkirim data serta melakukan chatting secara bersamaan dengan menggunakan WhatsApps Web. Adanya teknologi dan dunia digital yang semakin canggih dapat mempermudah dalam melakukan koordinasi pekerjaan dimanapun.

Itulah 5 tips sederhana yang perlu Anda ketahui agar tetap produktif meskipun kerja dari rumah. Adanya imbauan dari pemerintah guna mencegah penularan Covid-19, membuat pekerja kantoran harus tetap bekerja meskipun itu dari rumah. Namun tidak perlu cemas, dengan adanya tips dalam ulasan ini diharapkan Anda bisa bekerja dengan nyaman sehingga dapat bekerja secara produktif.