Besaran Ideal Untuk Dana Darurat

Dana Darurat

Apakah Anda sedang belajar menabung? Atau sudah pernah merasakan manfaatnya? Menabung memang merupakan kegiatan positif yang dapat memberi banyak manfaat terhadap kondisi finansial seseorang, salah satunya adalah mencukupi dana darurat. Dana darurat sendiri adalah elemen terpenting dalam pengelolaan keuangan yang bisa membebaskan Anda dari jebakan hutang. Maka dari itu, setiap individu harus mempersiapkan dengan baik dana daruratnya supaya lebih siap menghadapi masalah yang berhubungan dengan keuangan di masa mendatang. 

Seperti yang kita ketahui, tidak ada seorangpun manusia yang dapat memprediksi peristiwa apa saja yang akan terjadi besok. Akan tetapi, saat ini Anda dapat mempersiapkannya lebih awal agar terhindar dari hutang piutang. Pertama-tama, dimulai dari menyisihkan setiap gaji bulanan yang masuk ke dalam tabungan dana darurat. Namun sebelumnya, apakah Anda sudah mengerti dengan apa yang dimaksud dengan dana darurat? Manfaat apa saja yang diberikan dalam kehidupan saat Anda menabung dana darurat? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Dana Darurat?

Tentu setiap orang pernah mengalami kejadian tidak terduga dalam kehidupan sehari-harinya. Dan kejadian tersebut ternyata cukup banyak mengharuskan Anda mengeluarkan uang pribadi. Seperti, ketika mobil atau motor mendadak rusak parah atau saat ada sanak saudara yang sakit. Sudah siapkah Anda menghadapinya? Nah, saat itulah tabungan dana darurat akan menunjukkan manfaat yang terasa sangat penting bagi kestabilan finansial Anda. 

Simpanan dana darurat memang dibuat untuk membantu setiap orang menghadapi situasi dan kondisi dimana mereka harus mengeluarkan banyak uang di masa mendatang. Dana darurat yang ditabung setiap bulan akan sangat terasa dibutuhkan saat Anda kehilangan sumber penghasilan utama. Apalagi di saat tersebut ada kebutuhan mendesak dalam nominal sangat besar yang harus dipenuhi segera. 

Jika tidak memiliki dana darurat, mungkin Anda sudah berhutang di bank serta menggadaikan aset. Oleh karena itu, saat ini Anda perlu menyiapkan rekening khusus yang menjadi tempat pengalokasian dana darurat. Jangan pernah gunakan tabungan tersebut sampai benar-benar kepepet atau memang sedang butuh uang banyak. 

Lalu, Berapa Besar Dana Darurat yang Harus Dikumpulkan? 

Sejauh ini, setiap orang memiliki besaran ideal dana darurat yang berbeda-beda, karena disesuaikan dengan pendapat setiap bulan serta kebutuhan yang harus terpenuhi. Namun, kebanyakan financial planner menyarankan kepada masyarakat untuk mempersiapkan dana darurat khusus yang masih single minimal 3 kali gaji bulanan. Sedangkan untuk mereka yang sudah berkeluarga, setidaknya telah menabung dana darurat minimal 6-12 kali gaji bulanan. 

Manfaat menabung dana darurat akan sangat terasa saat Anda benar-benar kehilangan sumber penghasilan utama. Karena setidaknya untuk bertahan hidup, Anda dapat menggunakan dana darurat selama 3 bulan ke depan.

Manfaat Lain Dana Darurat dalam Kehidupan

Kegiatan menabung memang memberikan manfaat positif kepada setiap orang yang ingin mencapai tujuannya lebih mudah. Seperti ketika Anda ingin mencukupi nilai dana darurat, untuk besaran idealnya di atas sudah dijelaskan. Dana darurat bagi yang masih single tentu lebih kecil nilainya dari yang sudah berkeluarga, hal ini jangan sampai dilupakan. 

Jika ingin lebih siap menghadapi masa depan, segera buat tabungan yang memberi banyak manfaat tidak terduga seperti berikut. 

1. Biaya Berobat

Sehat itu mahal, apalagi sifatnya yang tidak pasti tentu membuat Anda sulit menebak kapan membutuhkan biaya untuk berobat. Walau sudah memiliki asuransi kesehatan, Anda belum tentu bisa menutupi tagihan medis. Seperti saat mengalami kecelakaan, baik itu Anda maupun saudara sendiri, tentu akan membutuhkan banyak biaya pengobatan. 

Saat mendesak seperti inilah dana darurat dapat digunakan sesuai dengan fungsinya. Menabung dana darurat memang tidak dapat dirasakan langsung jika kondisi Anda sekarang baik-baik saja, namun secara pasti akan sangat berguna di masa mendatang.

2. Biaya Perbaikan Aset

Tidak selamanya kondisi aset pribadi akan selalu baik-baik saja. Misalnya mobil atau motor yang Anda miliki, ada kalanya mendadak dan perlu diservice secara besar-besaran. Atau saat Anda membutuhkan biaya renovasi rumah pribadi yang tiba-tiba ambruk karena faktor alam. Atau bagaimana saat Anda harus memperbaiki atau mengganti baru smartphone yang tiba-tiba rusak?

Beberapa kejadian di atas tentu berada di luar prediksi Anda, bukan? Namun tenang saja, kondisi di atas dapat teratasi dengan mudah asal punya uang tabungan yang dikhususkan untuk masalah tak terduga.

3. Biaya Hidup Cadangan

Saat kehilangan pekerjaan, Anda tentu juga akan kehilangan sumber penghasilan utama yang biasanya digunakan untuk membiayai hidup. Ini adalah alasan bagus untuk mempersiapkan dana darurat, karena Anda sendiri tidak dapat menjamin sampai kapan bisa bekerja, baik itu karena resign atau di PHK perusahaan. Kehilangan pekerjaan sama saja artinya dengan berhentinya pemasukan. Jika terjadi, bagaimana Anda dapat membayar tagihan bulanan? Sekalipun tidak memiliki penghasilan, Anda masih memiliki tabungan darurat yang bisa digunakan untuk membayar tagihan-tagihan tersebut sampai kembali mendapat pekerjaan.

4. Lepas dari Hutang

Pernah kehabisan uang karena pengeluaran tidak terduga? Padahal masih banyak tagihan bersifat penting yang belum dibayar? Anda pasti sudah meminjam uang atau berhutang kepada teman jika tidak memiliki tabungan darurat. Berhutang memang tidak salah, akan tetapi di sisi lain juga dapat menjadi bom waktu jika tidak mampu melunasinya. Cegah ledakan hutang dengan menggunakan tabungan dana darurat yang Anda miliki.