Cara Memilih Masker Kain yang Cocok

mencuci masker kain yang benar

ustmovie.net – Mengenakan masker di luar rumah jadi sebuah saran penting yang terus menerus disuarakan pemerintah di tengah pandemi corona yang belum menunjukkan tanda-tanda berakhir. Masker bedah, N95, dan masker kain adalah jenis masker yang direkomendasikan. Namun dikarenakan masker bedah dan N95 khusus dikenakan untuk tenaga medis, masyarakat pun diimbau menggunakan masker kain. Namun agar efektif mencegah penyebaran virus, maka harus bisa memilih masker kain yang tepat sekaligus cocok dikenakan.

Model Masker Kain Terbaik

Perlu Anda ketahui, hingga kini belum ada studi yang berkaitan dengan desain atau model masker kain guna mencegah penularan virus Covid-19. Akan tetapi, terdapat beberapa petunjuk memilih masker kain yang tepat. Adapun petunjuk tersebut diantaranya selalu memastikan bahwa masker bisa menutup bagian atas hidung sampai area dagu. Selain itu, selalu pastikan masker kain terpasang pas atau bisa menutup mulut dan hidung dengan sempurna.

penggunaan masker kain

Untuk masalah tali pengikat, maka bisa diatur dengan memilih tali kain atau karet elastis. Tetapi satu hal yang paling penting ialah masker tersebut benar benar pas saat dikenakan. Perlu diketahui, masker kain tiga lapis lebih efektif bila dibandingkan dengan masker dua lapis. Pasalnya masker kain tiga lapis memiliki lapisan yang dapat diberi tisu yang berguna sebagai filter tambahan.

Bahan Masker yang Direkomendasikan

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa bahan filter High Efficiency Particle Absorber (HEPA) disebut-sebut baik untuk digunakan. Bahan yang sama sering digunakan untuk melapisi bantal, membuat kantong penyedot debu, dan umumnya digunakan juga sebagai bahan pembuat piyama flanel.

Memang ada jenis bahan lain seperti kain filter kopi dan bahan kain yang dipakai di syal dan bandana, dengan lapisan bertumpuk. Namun efektivitasnya masih kalah dengan HEPA.

Anestesiolog di Wake Forest Baptist dr. Scott Segal mengatakan bahwa kualitas bahan masker kain bisa dites menggunakan cahaya. Kalau serat kain terlihat ketika kain ditempatkan di bawah cahaya, bisa dipastikan bahwa bahan kain masker tersebut buruk kualitasnya.

Sebaliknya kalau serat kain susah terlihat bahkan ketika bahan diletakkan di bawah cahaya, bisa dipastikan bahwa masker kain yang menggunakan bahan tersebut bakal lebih efektif dalam menangkal partikel kecil.

Baca Juga : Bagaimana Menyiasati Agar Tetap Produktif Selama WFH

Cara Menggunakan Masker Kain yang Benar

Masker diketahui bisa melindungi seseorang dari adanya penyebaran virus melalui pernapasan, termasuk juga di dalamnya penularan virus Corona. Adapun manfaat tersebut bisa dirasakan ketika masker digunakan dengan benar. Untuk itu, pada saat menggunakan masker ada perlunya membersihkan tangan baik itu sebelum dan sesudah menggunakan masker.

Kemudian sesaat masker terpasang, jangan sekali kali menyentuh bagian depan serta pastikan mulut dan hidung tertutup dengan sempurna. Cara penggunaan masker yang tepat yakni dengan sempurna dapat menutupi mulut dan juga hidung. Bila diperlukan, untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal maka gunakanlah kacamata pada saat keluar rumah.

menggunakan masker kain yang benar

Masker kain efektif ketika digunakan dengan baik, WHO menyarankan sebelum menyentuh atau mengenakan masker harus cuci tangan terlebih dahulu selama 20 detik dengan sabun dan air. Kemudian memastikan seluruh hidung dan mulut tertutup saat masker dipakai. Tidak lupa, selalu hindari menyentuh masker saat di luar rumah. Pasalnya tangan untuk menyentuh masker tersebut bisa saja sudah tercemar.

Perlu diingat, jangan pernah melepas masker pada saat di tempat umum. Kemudian saat di rumah dan ingin melepas masker, maka lepaskan dari belakang dan jangan sentuh di bagian depan. Kemudian segera cuci masker setelah itu supaya tidak mencemari barang barang lain di dalam rumah. Langkah terakhir, cuci tangan dengan air mengali dan sabun seusai melepas masker juga setelah mencuci masker.

Cara Merawat Masker Kain

Untuk alasan kesehatan, maka ada baiknya setiap anggota keluarga memiliki berapa masker kain. Dengan begitu, akan selalu tersedia masker kain cadangan yang bersih dan siap digunakan. Jika Anda sudah menggunakan masker kain selama beberapa jam tanpa dilepas, maka sebaiknya copot masker dan gunakan masker kain bersih lainnya. Selain itu, pada saat masker telah terpasang maka jangan turunkan meskipun itu untuk berbicara atau makan.

mencuci masker kain yang benar

Namun jika masker telah melorot, sebaiknya segera ganti dengan masker bersih lainnya. pasalnya menggunakan masker berulang kali tanpa dibersihkan terlebih dahulu akan berpotensi membuat kuman menempel pada bagian dalam masker. Oleh karena itu, setelah masker digunakan lebih baik segera lipat, simpan, cuci dengan bersih setiap hari, dan keringkan hingga benar benar kering.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui pada saat memilih masker kain yang tepat sekaligus cocok untuk mencegah penularan virus Corona. Jika memiliki urusan di luar rumah yang sangat penting, jangan lupa memakai masker dan setibanya di rumah segera membersihkan diri. Perlu diingat, pencegahan penularan virus Corona akan lebih efektif dengan menjauhi keramaian serta rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.