Deretan Aktor yang Pernah Memerankan Karakter Batman dari Dulu hingga Sekarang

aktor pemeran batman

ustmovie.net – Sepertinya tidak ada satupun individu yang tidak kenal dengan karakter Batman, salah satu superhero terpopuler yang dicintai berbagai kalangan usia. Film Batman masuk dalam deretan film yang paling ditunggu–tunggu oleh penonton dari seluruh dunia, apalagi akan rilis seri terbaru yang kini menjadi perbincangan hangat.

Belum lama ini, Warner Bros selaku rumah produksi secara resmi merilis trailer film The Batman yang diperankan oleh aktor tampan dan berbakat Robert Pattinson. Robert Pattinson bukan satu-satunya aktor yang pernah memerankan karakter superhero tersebut, karena di beberapa seri sebelumnya ada sejumlah nama-nama aktor ternama yang juga mengambil peran Batman.

Karakter Batman muncul pertama kali pada tahun 1939, yaitu dalam buku komik yang diterbitkan oleh DC Comics. Tokoh Batman dalam ceritanya merupakan identitas rahasia seorang pengusaha kaya raya pemilik Wayne Enterprises bernama Bruce Wayne. Berdasarkan kisahnya, Bruce Wayne kehilangan kedua orangtuanya dalam sebuah insiden perampokan. 

Setelah kedua orang tuanya terbunuh, Bruce Wayne pun bersumpah untuk menumpas kejahatan di Kota Gotham City (kota fiksi yang menjadi latar tempat film) menggunakan identitas Batman. Dalam aksinya, Batman ditemani oleh Alfred yang merupakan pelayannya. 

aktor pemeran batman

Batman bukanlah karakter superhero yang mudah diperankan sehingga menjadi tantangan besar bagi Robert Pattinson. Melihat sejarah film tersebut yang kerap berganti aktor membuktikan bahwa tokoh Batman cukup sulit dimainkan, apalagi akan disaksikan oleh para penggemar superhero tersebut. Ada aktor yang mendapat kritik dan ada pula aktor yang mendapat pujian karena berhasil menghayati peran Bruce Wayne sebagai Batman.

Nah, berikut adalah nama-nama aktor pemeran Batman dari dulu hingga sekarang. 

Aktor Pemeran Superhero Favorit, Batman dari Masa ke Masa

1. Lewis G Wilson

Tahun 1943, film seri The Batman diangkat ke layar kaca pertama kali dan yang mana diperankan oleh Lewis G Wilson. Pada masa tersebut, format film yang dapat disaksikan penonton masih berwarna hitam putih dan belum terlalu canggih. Lewis G Wilson memerankan karakter Batman selama 15 episode yang serialnya digarap oleh Columbia Pictures. 

Film The Batman yang diperankan Lewis G Wilson tayang pada masa Perang Dunia II. Adapun jalan cerita film superhero tersebut hampir sama dengan kehidupan nyata, dimana sedang berlangsung peperangan antara Jepang dan Amerika Serikat. 

Baca Juga : Profil Reza Rahadian dan Film-Film yang Pernah Dibintanginya

2. Robert Lowery

Pada tahun 1949 setelah Perang Dunia II usai, penggarapan film Batman terbaru dilanjutkan dengan Robert Lowery sebagai aktor yang memerankan Bruce Wayne. Dalam cerita baru yang berjudul “Batman dan Robin”, Robert Lowery cukup piawai dalam menghayati karakter superhero tersebut. Meskipun sebagian penonton menilai kerja sama antara Batman dan Robin dibandingkan pendahulunya masih kurang energik.

3. Adam West

Sosok superhero dengan lambang kelelawar kembali digarap oleh 20th Century Fox menjadi serial televisi pada tahun 1960-an. Kali ini, Adam West dipilih sebagai aktor yang memerankan Batman dan menggantikan Robert Lowery. Pada serial Batman kali ini, sosok superhero tersebut digambarkan dengan eksotis sehingga cukup berbeda dari seri sebelumnya.

Dan di seri tersebut inilah karakter villain atau penjahat seperti The Penguin dan The Joker mulai dikenalkan. Adam West bisa dibilang sejauh ini merupakan aktor yang paling sukses memerankan sosok Batman sehingga sangat terkenal di kalangan penggemar. 

4. Michael Keaton

Film Batman yang diperankan oleh Michael Keaton diproduksi oleh Warner Bros dan tayang pada tahun 1989. Terpilihnya Michael Keaton sebagai pemeran Batman cukup menuai banyak protes karena sosok ini merupakan seorang komedian. Studio Warner Bros kemudian diprotes banyak penggemar saat itu. 

5. Christian Bale

Jika Anda penggemar sejati film Batman tentu pernah menonton aksi dari aktor film batman terbaik yaitu Christian Bale. Karakter Batman sukses diperankan oleh Christian Bale di trilogy Dark Knight Rises yang penuh dengan sisi gelap. Christian Bale terlibat dalam film Batman garapan sutradara ternama yaitu Christopher Nolan mulai dari seri Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Rises.

6. Ben Affleck

Ben Affleck menambah deretan aktor yang memerankan Batman dalam film “Batman vs Superman”. Sayangnya, akse Ben Affleck tidak seperti pendahulunya yang mendapat banyak pujian dari para penonton. Aktor tampan ini malah mendapat kritik pedas bahkan sejak sebelum film tayang.

7. Robert Pattinson

Film terbaru The Batman yang direncanakan rilis pada tahun 2021 diperankan oleh Robert Pattinson. Aktor ini sebelumnya dikenal penonton melalui perannya sebagai Edward Cullen dalam seri Twilight. Dalam film terbaru, Robert Pattinson akan beraksi sebagai Bruce Wayne dengan identitas Batman bersama dengan Catwoman dan The Riddler. 

Untuk melihat cuplikan sekilas dari film The Batman yang diperankan Robert Pattinson, para penonton dapat menyaksikan langsung trailer resminya di platform streaming. 

Tidak terasa sudah berpuluh-puluh tahun serial Batman menemani para penggemarnya. Dari nama-nama aktor ternama di atas, siapa aktor yang menurut Anda paling baik dalam memerankan superhero Batman ini?