Inilah Hal-hal yang Bikin Boros Selama Bulan Puasa

Boros

Tidak terasa kita sudah bertemu lagi dengan bulan puasa tahun 2021 ini. Siapa sangka jika dalam sebuah berpuasa ini ternyata dapat mengakibatkan pemborosan? 

Pada umumnya, masyarakat berpikir jika dengan menjalankan puasa maka mereka akan menghemat biaya pengeluaran sehari-hari selama sebulan penuh, sebab jatah uang makan hanya digunakan sekali saja. Tetapi faktanya, masih banyak masyarakat yang cenderung lebih boros pada bulan puasa daripada bulan biasanya. 

Hal tersebut karena banyak faktornya, namun faktor terbesar adalah hawa nafsu. Berikut ini juga ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan pemborosan. 

1. Adanya buka puasa bersama 

Budaya buka puasa bersama atau bukber telah menjadi sebuah kebiasaan dan juga keharusan pada masyarakat Indonesia di setiap datangnya bulan Ramadhan. Pada umumnya kamu akan mendapatkan berbagai macam tawaran bukber, mulai dari bukber sesama rekan kerja, alumni, sampai organisasi. 

Masih banyak orang yang tidak mampu untuk menolak ajakan tersebut, dan akhirnya mereka harus ikut dalam bukber itu, sehingga hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menyebabkan pemborosan. Sebenarnya, kamu bisa untuk menolak ajakan tersebut jika tidak memungkinkan. 

2. Godaan lapar mata

Untuk masalah ini sepertinya telah menjadi sebuah permasalahan yang sering sekali ditemukan. Setelah satu hari menahan haus dan lapar, biasanya mereka mudah sekali tergoda saat melihat sajian hidangan yang lezat dan juga minuman segar. Ada banyak dari mereka yang ketika sedang mencari makanan untuk berbuka tidak ragu-ragu untuk membeli banyak menu buka puasa sebab dilihat sangat lezat. 

Sayangnya, saat buka tiba hanya memakan beberapa makanan saja bisanya kita mudah untuk kenyang dan akhirnya semua makan tersebut tidak termakan dan berakhir dengan membuangnya. Hal tersebut tentu saja sangat mubazir sekali, karena telah membeli banyak makanan hanya untuk dibuang. 

Untuk itu, lebih baik jika kamu sedang mencari makanan untuk berbuka puasa, maka kamu beli yang sesuai dengan kebutuhanmu saja. Jangan mengambil terlalu banyak makanan jika akhirnya tidak termakan. 

3. Tergiur promo Ramadhan

Pada umumnya, banyak sekali pusat perbelanjaan yang menawarkan promo besar-besaran untuk menyambut bulan ramadhan dan juga hari raya. Hal tersebut biasanya bisa menggoda masyarakat Muslim untuk memborong semua barang yang sedang promo sebab sangat menggiurkan. 

Tak heran jika mereka tidak berpikir kembali ketika berbelanja. Saat melihat ada promo, mereka sangat cepat untuk memburunya dan tidak mempertimbangkan kembali apakah barang tersebut dibutuhkan dan juga apakah keuangan masih tetap aman? 

Jika tidak dipikirkan dengan matang, hal itu pastinya menjadi pemborosan. Memang memanfaatkan promo itu wajib, tetapi ada baiknya jika kamu harus tetap bisa memilih yang sesuai dengan prioritas dan kebutuhan kamu. Jangan mudah tergiur dengan adanya promo jika kamu tidak benar-benar membutuhkan barang tersebut. 

4. Memakai semua uang THR 

Sering sekali THR digunakan sebagai uang untuk berfoya-foya sebab datangnya hanyalah satu tahun sekali saja. Biasanya, THR ini akan dibelikan berbagai macam barang, seperti sepatu baru, pakaian, dan lainnya. Hal tersebut terjadi karena adanya pikiran yang selalu serba baru ketika lebaran tiba yang sudah tertanam sejak lama pada masyarakat di Indonesia. 

Hal ini juga yang menjadi faktor meningkatnya pemborosan, mengapa? Sebab biasanya, pakaian yang baru dibeli itu tidak terlalu dibutuhkan sekali. Mereka masih bisa menggunakan baju yang lama dan masih layak pakai untuk lebaran. 

Karena inti dari lebaran adalah bukan baju yang baru, melainkan hati yang baru dan suci. Ada baiknya jika uang THR tersebut dimasukan ke dalam tabungan atau diinvestasikan untuk kebutuhan di masa yang akan mendatang. 

5. Kenaikan harga bahan pokok

Faktor yang satu ini berbeda dengan faktor yang sudah dibahas di atas. Untuk masalah ini adalah keadaan yang memang sudah menjadi hal yang rutin sekali terjadi pada bulan Ramadhan di setiap tahunnya dan juga hal tersebut diluar kuasa kita. 

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan tips untuk perencanaan keuangan yang baik dan benar supaya kamu tidak lagi terganggu dan terpengaruh karena adanya kondisi ini. 

Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa menabung untuk membeli bahan-bahan pokok ketika bulan puasa dari jauh-jauh hari. Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak terlalu kaget dan juga masih ada simpanan uang untuk belanja. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika adanya kenaikan harga bahan pokok ini. 

Nah, itu tadi beberapa hal yang menjadi faktor pemborosan selama bulan Ramadhan yang harus kamu ketahui. Setelah mengetahui faktor-faktor tersebut seharusnya kamu bisa lebih mempertimbangkannya lagi untuk menggunakan uang saat bulan puasa agar tidak boros. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dan pembaca lainnya.