Inilah Plus Minus Membeli Mobil Bekas

Mobil Bekas

Ketika membeli sebuah mobil bekas, kamu dapat membeli ke showroom atau ke orang lain secara langsung. Maksud dari langsung ini adalah membeli mobil kepada seseorang yang dimana dia menjual mobilnya dan statusnya adalah mobil bekas. Transaksi seperti ini sering dilakukan, tidak hanya mobil saja, berlaku juga untuk benda-benda dan properti.

Berbicara mengenai mobil bekas, terdapat beberapa macam kelebihan serta kekurangan ketika kamu membeli sebuah mobil bekas langsung ke pemiliknya. Pembahasan kali ini, kita akan mengulas mengenai keuntungan dan kerugian jika seseorang membeli mobil bekas dan mungkin bisa kamu pertimbangan ketika akan membeli kendaraan khususnya mobil bekas. Simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Kelebihan Beli Mobil Bekas

1. Harga Menjadi Lebih Murah

Apabila kamu membandingkan harga dari mobil bekas dengan mobil baru yang ada di showroom tentu akan jauh lebih murah. Kendaraan roda empat yang ditawarkan oleh dealer pastinya jauh lebih mahal karena begitu banyak potongan yang harus ditanggung oleh dealer. Contohnya komisi untuk sales, sewa tempat, rekondisi kendaraan. Nah, seluruh biaya tersebut perlu diperhitungkan ketika mematok nilai jual.

Sementara orang yang menjual mobil bekas tidak akan pusing dengan tanggungan biaya tersebut, membuat harga kendaraan yang akan dijual menjadi lebih murah, apalagi untuk jika membeli langsung ke pemiliknya, kamu bisa melakukan negosiasi sampai mendapatkan titik temu harga yang diinginkan.

2. Mobil Bekas Tapi Terawat

Meski terdengar bekas namun mobil second banyak juga yang dijual dalam kondisi baik. Kadang banyak orang yang terpaksa menjual mobil karena memiliki kebutuhan mendesak dan harus mempunyai uang disaat itu juga, sehingga mobil menjadi solusi mereka untuk memperoleh uang tambahan. Hal inilah kadang sering ditemukan mobil bekas selain murah juga kondisi mobilnya sangat terawat.

Sebagai seorang yang sedang mencari mobil bekas, tentu ini menjadi peluang bagi kamu agar bisa mendapatkan mobil bekas tapi masih dalam kondisi prima dan sangat terawatt dan harganya pun pasti lebih murah daripada membeli mobil baru di showroom.

3. Hemat Biaya

Biasanya orang memilih membeli mobil bekas salah satunya bisa jadi karena dana yang terbatas. Dengan begitu solusi terbaik adalah membeli mobil bekas saja atau menyesuaikan budget yang dimiliki. Sekalipun bagi kamu yang memiliki uang lebih atau sanggup membeli mobil baru, namun jika dilihat dari kebutuhan dan ada pilihan mobil bekas namun kondisi layaknya mobil baru, mengapa tidak? Selain kamu menghemat uang, tapi kamu tetap mendapatkan mobil namun kondisinya sangat oke.

4. Apa Adanya

Umumnya orang yang ingin menawarkan mobil bekas mereka, berharap mobil tersebut cepat laku, dengan begitu mereka bakal menjual mobil tersebut dengan apa adanya. Dari sisi pembeli tentu kamu mengharapkan kondisi tersebut, apa yg ditawarkan dan apa yang dilihat itu sama. Sehingga kamu bisa mengukur harga yang pantas untuk kamu membeli barang tersebut.

Kekurangan Beli Mobil Bekas

1. Tidak Dapat Melakukan Kredit

Menjadi kekurangan jika kamu membeli mobil bekas adalah penawaran yang diberikan tidak diiringi dengan fasilitas kredit atau leasing. Apalagi jika dilihat harga jual mobil yang ada di Indonesia termasuk mahal, pasti menjadi sedikit berat bagi sebagian orang untuk membeli mobil dengan cara cash atau melunasi seluruh pembayaran di depan.

Jika kamu membeli mobil bekas memang tidak ada fasilitas pembayaran kredit apalagi ke seseorang. Beda halnya dengan perusahaan atau showroom resmi kendaran mobil baru, mereka memang memiliki sistem dan tim yang terus bekerja, disitulah mereka memberi kemudahan dalam bentuk kredit terhadap konsumen.

2. Memakan Waktu

Jika kamu akan membeli mobil bekas ke orang tentu akan membutuhkan waktu dan sedikit repot. Sebab kamu harus menemui orang lain yang tidak kamu kenal, lalu memeriksa dan melihat-lihat mobil, setelah itu baru melakukan transaksi bila mobil tersebut cocok. Lebih parahnya jika penjual mobil bekas ini alamatnya jauh dari rumah kamu, pastinya akan membutuhkan banyak waktu.

Selain itu, ketika akan bertemu oleh orang yang belum dikenal tentunya menjadi resiko tambahan bagi kamu. Maka dari itu, diharapkan untuk selalu waspada dan berhati-hati, upayakan bertemu dengan orang tersebut di area umum atau di tempat keramaian.

3. Rawan Ditipu

Menjual mobil bekas biasanya ditunggangi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab atau menjadi akal jahat dari komplotan penipu berkedok jual mobil bekas murah. Sebaiknya bawalah teman atau orang terdekatmu yang memiliki wawasan mengenai kendaraan atau mobil, sehingga kamu bisa mengetahui apa kekurangan dari mobil tersebut.

Setelah mengetahui kondisi asli kendaraan tersebut, apakah sesuai dengan harga yang telah ditawarkan oleh pemiliknya kepada kamu. Jangan sampai kamu menjadi korban penipuan lewat pembelian mobil bekas yang ternyata mesinnya sudah hancur atau sudah tidak orisinil, ujung-ujungnya malah rugi.