Jenis-Jenis Tanaman Indoor yang Cocok Untuk Ditaruh di Dalam Rumah

Menghiasi rumah dengan berbagai perabotan tentu sudah menjadi hal yang umum dilakukan. Akan tetapi, untuk membuat rumah menjadi lebih bagus dengan kehadiran tanaman hias pasti akan menciptakan pemandangan yang lebih asri. Memang sebuah tanaman membutuhkan yang namanya paparan cahaya matahari, namun ada juga jenis tanaman indoor yang dapat ditaruh didalam rumah.

Anda tidak perlu khawatir dengan tanaman indoor tersebut mati sebab dibawa ke dalam rumah. Jenis tanaman yang dapat ditaruh kedalam rumah lebih sedikit membutuhkan cahaya matahari. Anda hanya perlu memberi sirkulasi udara yang bagus memberinya air sebagai asupan.

Lantas, apa saja sih jenis tanaman indoor yang bisa ditaruh di dalam rumah agar mempercantik ruangan Anda. Untuk lebih lengkapnya simak beberapa rekomendasi tanamannya berikut ini.

1.       Lidah Buaya

Lidah buaya tergolong jenis tanaman sukulen yang memiliki kandungan air di dalam batangnya. Tanaman jenis ini sebetulnya menyukai paparan cahaya matahari langsung agar bisa tumbuh dengan sehat. Anda dapat menaruh tanaman tersebut di dekat jendela agar tetap memperoleh paparan cahaya matahari.

Lidah buaya sendiri merupakan jenis tanaman yang sangat mudah untuk dirawat sebab tidak memerlukan banyak air, dan lidah buaya menyimpan banyak manfaat bagi manusia, seperti mengobati luka bakar, menyuburkan rambut, untuk perawatan muka dan lain sebagainya.

2.       Daun Asparagus

Memiliki bentuk daun yang kecil, namun batang yang memanjang serta memberi aksen menawan. Tanaman ini sangat cocok ditaruh di bagian sudut ruangan agar mengisi ruang yang kosong di dekat perabotan rumah Anda. Daun asparagus tidak begitu memerlukan paparan sinar matahari yang banyak.

3.       Tillandsia

Bagi Anda yang mempunyai rumah yang tidak begitu besar. Tanaman hias satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat jika ingin ditaruh kedalam rumah. Anda juga tidak perlu sebuah tanah untuk merawat tanaman tersebut, melainkan memakai teknik menanam di toples atau botol. Memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Tillandsia masih membutuhkan sinar matahari serta sirkulasi udara yang bagus.

4.       Lidah Mertua

Lidah mertua memiliki nama yang cukup unik, selain itu tanaman tersebut terbilang laris digunakan banyak orang sebagai tanaman yang ditaruh kedalam rumah. Memiliki bentuk seperti daun pipih memanjang ke atas. Berwarna hijau kekuningan, kehadirannya memang untuk digunakan sebagai pemberi warna berbeda di dalam ruangan.

Tumbuhan hias ini dapat tumbuh di berbagai macam kondisi. Akan tetapi, sebaiknya Anda taruh di area teduh alias tidak terkena cahaya matahari langsung. Tanaman tersebut pun juga tidak memerlukan air yang banyak. Anda hanya perlu menyiram secukupnya.

5.       Lavender

Terdapat berbagai macam manfaat yang dapat Anda peroleh dari tanaman lavender. Seperti aroma sedap yang dihasilkan oleh bunga lavender bisa membuat ruangan menjadi lebih segar. Ditambah aroma khas dari bunga lavender sangat dibenci oleh kawanan nyamuk. Dengan begitu Anda bisa terbebas dari serangan nyamuk yang sangat mengganggu.

6.       Peace Lily

Jenis tanaman hias satu ini juga sangat cocok untuk ditaruh ke dalam rumah dan ke sudut mana saja yang Anda suka. Asalkan tersedia lampu neon sebagai penerangan, peace lily dapat tumbuh dengan baik. Selain itu peace lily memang dianggap sebagai jenis tanaman hias sebab memiliki warna hijau yang pekat serta bunganya berwarna putih.

Mempunyai perpaduan warna yang sangat cantik tersebut dapat dimanfaatkan sebagai penghias ruang tamu dan sudut lainnya di dalam rumah. Selin itu, fakta lain dari tanaman tersebut yakni peace lily dapat membersihkan udara kotor yang ada di dalam ruangan.

7.       Anthurium

Tanaman ini juga menjadi salah satu tanaman indoor yang ditaruh ke dalam rumah. Memiliki bunga dan bentuk daun yang cantik dan unik dapat menyulap ruangan rumah menjadi lebih segar dan asri. Beberapa ahli desainer ruangan juga menyarankan untuk menaruh bunga tersebut ke salah satu meja yang ada di rumah.

8.       Chinese Money

Jenis tanaman tersebut sering dimanfaat bagi orang yang memiliki tempat tinggal di sebuah apartemen atau rumah yang kecil. Chinese money memiliki bentuk daun yang menyerupai koin. Anda dapat memakai pot berukuran kecil sebagai tempatnya berkembang. Taruh di dekat jendela agar tetap memperoleh paparan sinar matahari.

Untuk merawatnya pun terbilang mudah. Anda tinggal memakai teknik stek, seperti memotong batangnya lalu batang tersebut ke tanah.

9.       Cocor Bebek

Cocor bebek menjadi salah satu jenis tanaman terakhir yang direkomendasikan untuk Anda taruh kedalam rumah. Memiliki bunga dengan warna merah, tanaman tersebut sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias di sebuah ruangan. Letakkan tanaman tersebut di sudut yang masih tersentuh cahaya matahari agar tetap menjaga tanaman melakukan fotosintesis.