Keuntungan Investasi Reksadana Dibandingkan Investasi Saham

Apabila Anda hendak melakukan investasi dan masih bingung menentukan investasi apa yang akan dijalankan. Dalam berinvestasi terbagi menjadi investasi jangka panjang dan investasi jangka pendek. Rekomendasi untuk berinvestasi bagi Anda yang masih bingung dalam menjalankan investasi dapat mencoba investasi reksadana dan juga investasi saham dimana paling banyak diminati oleh para investor.

Berikut ini beberapa keuntungan investasi reksadana dan juga investasi saham

Keuntungan Berinvestasi Reksadana

Reksa dana adalah instrumen untuk investasi yang dapat menjanjikan. Akan tetapi, berinvestasi reksa dana tidaklah mudah seperti membalikkan kedua telapak tangan. Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan maupun dipelajari lagi sebelum dapat memutuskan untuk berinvestasi contohnya seperti memahami potensi mengenai keuntungan serta kerugian dan risiko pada investasi reksa dana.

Keuntungan dari berinvestasi reksadana dapat diuraikan secara rinci mengenai garis besar keuntungan yang didapat pada saat akan berinvestasi reksa dana yakni dari permodalan, pengelolaan dan faktor risiko.

1. Dapat Dimulai Hanya Dengan Modal yang Kecil

Sering kali pada saat mendengar istilah tentang investasi, maka seseorang akan berpikir lagi karena dianggap modal yang perlu dikeluarkan haruslah besar. Akan tetapi hal tersebut berbeda dengan berinvestasi reksa dana, dimana Anda hanya perlu mengeluarkan modal yang kecil saja dan bahkan investasi reksa dana menawarkan berinvestasi menggunakan modal awal yaitu hanya 10 ribu saja.

Broker atau perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia pun banyak menawarkan reksa dana dengan menyesuaikan kemampuan finansial dari para investor. Contohnya pada kalangan masyarakat umum, mahasiswa dan untuk masyarakat golongan menengah ke atas.

2. Dikelola langsung dari pihak manajer investasi

Selain mengenai modal, beberapa orang juga tidak begitu paham atau juga kurang mahir dalam berinvestasi. Apalagi untuk orang-orang yang sibuk dengan pekerjaannya. Pada investasi reksa dana sendiri, keuntungan yang dapat diperoleh yaitu investasi Anda dapat dijalankan langsung oleh pihak manajer investasi tersebut, mulai dari melakukan analisa pada tren pasar bahkan membantu Anda dalam melakukan pencairan dana.

Akan tetapi ada hal yang perlu diingat. Apabila Anda hendak memilih seorang manajer investasi, maka usahakan memilih manajer investasi yang memiliki pengalaman dengan cara melihat portofolio serta perizinan yang sudah dimiliki oleh seorang manajer investasi itu.

3. Memiliki risiko yang minim dikarenakan investasi telah terdiversifikasi

Alasan lain dari mengapa banyak orang yang memilih berinvestasi reksa dana yaitu karena minimnya risiko. Kenapa? Dikarenakan pada saat berinvestasi reksa dana, resiko sudah diverifikasi atau juga disebar melalui banyak instrumen. Maka dari itu, jika salah satu dari instrumen tersebut mendapatkan penurunan, masih ada sebuah harapan pada instrumen lainnya yang memiliki kondisi lebih stabil maupun mendapatkan peningkatan.

Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan dalam berinvestasi saham ada tiga, yaitu:

1. Mendapatkan Potensi Keuntungan Modal

Salah satu manfaat dari berinvestasi saham yaitu Anda dapat memperoleh capital gain atau keuntungan modal. Semakin berkembanya suatu perusahaan, maka biasanya akan disertai dengan kenaikan dari harga saham pada perusahaan tersebut. Dari kenaikan harga tersebut Anda dapat memanfaatkannya dengan cara menjual saham dengan harga yang lebih tinggi lagi dari harga saat Anda membelinya.

Keuntungan pada selisih harga membeli dan menjual saham tersebutlah yang disebut keuntungan modal atau capital gain. Maka dari itu, cobalah dengan menggunakan modal yang kecil. Pada saat ini hanya bermodalkan uang 100 ribu saja sudah dapat melakukan investasi saham. Diiringi dengan berjalannya waktu, maka Anda akan mendapatkan keuntungan tinggi dengan cara memilih saham yang tepat.

2. Mendapatkan Keuntungan Perusahaan

Manfaat lain dari berinvestasi saham yaitu Anda akan menerima dividen atau keuntungan perusahaan. Dividen sendiri merupakan pembagian suatu laba untuk para pemegang saham dengan menyesuaikan jumla saham yang telah dimiliki. Pada saat mendapatkan dividen, Anda secara tidak sadar diakui menjadi pemilik dari perusahaan serta berhak ikut ke dalam RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham.

Dividen tersebut dibagikan dengan rata menyesuaikan dari lembar saham yang telah dimiliki. Maka dari itu semakin banyak suatu saham yang Anda peroleh, maka akan semakin besar lagi nilai dividen yang akan diperoleh apabila saham tersebut mendapatkan suatu keuntungan dan juga ketika mayoritas dari pemegang saham telah menyepakati pembagian atas dividen tersebut.

3. Berinvestasi Dengan Lebih Fleksibel

Pada saat berinvestasi saham, Anda tidak perlu lagi membuat waktu dan juga tenaga, sebab investasi saham dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui suatu aplikasi yang terdapat pada smartphone.

Maka dari itu, Anda tidak perlu mengabaikan pekerjaan yang sedang Anda jalankan saat ini. Anda dapat selalu memperhatikan mengenai grafik investasi saham dan memasang harga, yang kemudian sistem dapat berjalan dengan otomatis agar dapat membelikan Anda saham tertentu maupun menjual suatu saham yang ada pada portofolio Anda.