Kota- Kota Di Dunia Yang Ramah Dan Aman Untuk Bersepeda

dublin cycle lane

ustmovie.net – Di antara hiruk pikuk ramainya kendaraan di tengah jalanan kota, pastinya mobil adalah salah satu moda transportasi yang paling mendominasi. Melihat angka mobil yang semakin meningkat, tidak sedikit kota di dunia yang beralih pada kendaraan konvensional dan ramah lingkungan yakni sepeda. Bahkan beberapa kota berikan fasilitas dan infrastruktur khusus untuk mendukung rasa nyaman dan keamanan para pesepeda. Dimana itu? Berikut informasinya. 

Inilah 9 Kota Di Dunia Yang Ramah Dan Aman Untuk Bersepeda 

  1. Copenhagen, Denmark 

Jika berbicara tentang bersepeda, kota di Eropa ini pasti akan hadir dalam percakapan. Sebagai kota yang ramah akan sepeda, Copenhagen punya peraturan khusus bagi para pesepeda.

copenhagen cycle lane

Bahkan tidak sedikit yang mengatakan bahwa pengendara sepeda lebih dihargai dari pada pengendara kendaraan bermotor. Sebagai pesepeda, Anda pasti akan bahagia karena jalanan, jaringan, dan infrastruktur kota didesain dengan baik untuk tingkatkan kenyamanan para pecinta gowes.  

  1. Sevilla, Spanyol

Spanyol punya kota Sevilla yang hadir dengan fasilitas yang menakjubkan. Demi menunjang keinginan dan penggunaan sepeda, pemerintah kota ini membangun jalur khusus sepanjang 80 kilometer. Didesain dengan jalur khusus, plang besi, dan jalan yang nyaman, infrastruktur ini pasti akan memanjakan para pesepeda. Anda juga tidak perlu khawatir tentang mobil. Jalur ini sukses menjadi salah satu modal yang membuat Sevilla menjadi kota ramah untuk bersepeda. 

  1. Amsterdam, Belanda 

Tentu saja Amsterdam harus masuk dalam line up ini. Kota di Belanda ini juga kerap kali dikenal sebagai kota yang paling ramah untuk pesepeda atau kendaraan konvensional. Sebagian besar warga kota ini memilih bepergian dengan bersepeda ketimbang naik mobil pribadi. Hal inilah yang membuat kota ini terasa lebih tenang dan sepi suara kendaraan bermotor. Yang terdengar malah hiruk pikuk pesepeda yang penuhi infrastruktur khusus di jalanan kota. 

  1. Dublin, Irlandia 

Seakan tidak ingin kalah dengan kota ramah pesepeda lainnya, Dublin kerap kali dan sangat rajin berikan peningkatan layanan bagi para pecinta gowes. Banyak sekali peningkatan dan fasilitas yang bisa ditemukan dari kota di Irlandia ini.

dublin cycle lane

Mulai dari jalur khusus pesepeda, persewaan sepeda, hingga infrastruktur lainnya. Bahkan tidak sedikit sosialisasi tentang kebaikan bersepeda yang digencarkan demi menarik lebih banyak warga untuk beralih ke moda transportasi ini.

Baca Juga : 7 Tips Menjadikan Hidup Sehat Sebagai Lifestyle 

  1. Berlin, Jerman

Menjadi Ibu kota Jerman, Berlin masih bisa berikan rasa nyaman bagi para pesepeda. Di tengah glamor bangunan dan keramaian jalanan kota yang penuh dengan mobil mewah, masih ada jalur khusus pesepeda yang bisa ditemukan. Kebiasaan warganya yang suka naik sepeda juga beri faktor tambahan mengapa 20 – 25% jalanan kota dilengkapi dengan jalur bersepeda. Hasilnya, angka warga yang bersepeda dan infrastruktur untuk pesepeda pun kian meningkat. 

  1. Bordeaux, Prancis

Meskipun bukan kota Paris, namun Prancis masih punya kota Bordeaux yang ramah bagi para pengendara sepeda. Dalam waktu yang cukup cepat (kurang lebih 5 tahun) kota ini berhasil menjadi salah satu kota teramah untuk bersepeda menurut Copenhagen Indeks. Infrastruktur khusus untuk para pesepeda, bahkan trek khusus sepanjang 200 km pun dibangun demi memenuhi kebutuhan dan kenyamanan para warga yang bepergian dengan sepeda. 

  1. Malmo, Swedia

Swedia adalah negara yang dikenal akan keramahan warga dan juga upayanya untuk mengurangi pemanasan global. Namun dari sekian banyak kota, Malmo adalah salah satu kota yang punya komitmen kuat untuk ciptakan image ramah sepeda. Di kota ini, Anda akan temukan banyak sekali pesepeda. Dilengkapi dengan berbagai infrastruktur bersepeda, trek, dan fasilitas lainnya, Anda akan merasa dimudahkan untuk bepergian dengan sepeda di kota ini. 

  1. Antwerp, Belgia

Di Antwerp angka pengendara sepeda lebih tinggi. Bahkan menurut studi, angka tersebut kian meningkat tiap tahunnya. Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan sistem sharing jalur yang diterapkan pemerintahnya.

antwerp cycle lane

Dengan sistem ini Anda bisa berkendara di trek khusus pesepeda yang jadi satu di jalanan besar kota. Tidak perlu khawatir tertabrak, karena keamanan dan sistem ini sudah menjamin keamanan bagi para pengendara sepeda. 

  1. Utrecht, Belanda

Lagi – lagi Belanda tunjukkan upaya ramah lingkungan dengan kota Utrecht yang sangat memanjakan para pesepeda. Kota indah ini terasa semakin memukau jika Anda telusuri kota dengan bersepeda. Dilengkapi dengan jaringan utama khusus untuk para pelaku gowes, perjalanan akan terasa lebih nyaman. Keberadaan infrastruktur ini juga mampu tingkatkan angka pengguna sepeda, dimana nilai penjualan sepeda terhitung melampaui nilai kendaraan bermotor. 

Sebagai moda transportasi konvensional yang ramah lingkungan, sepeda juga dikenal dengan sejumlah keuntungan bagi pengendaranya. Dengan menggalakkan penggunaan sepeda, kota tersebut juga mendapat keuntungan berupa penurunan angka polusi dan penggunaan bahan bakar. Bahkan jika dipikir lagi, para warga yang bersepeda juga bisa bepergian dengan lebih mudah, cepat, sehat, dan juga bisa lebih menghemat biaya.