Manfaat Memiliki Financial Advisor Atau Financial Planner Ketika Berumah Tangga

membantu perencanaan keuangan

ustmovie.net – Perencanaan keuangan adalah hal yang sangat penting dalam berumah tangga. Tidak bisa dipungkiri bahwa potensi pengeluaran tidaklah terbatas namun penghasilan terkadang tidak berubah. Untuk menghindari segala kerugian, Anda perlu mengatur keuangan dengan baik. Tapi tentunya hal tersebut tidak mudah. Karena itu, memiliki financial advisor atau planner bisa dijadikan solusi karena beri banyak manfaat. Manfaat apa saja itu, berikut informasinya. 

Inilah Beberapa Manfaat Memiliki Financial Planner Atau Advisor Untuk Keluarga

  1. Memberikan Panduan Dalam Mengatur Keuangan 

Tidak sedikit orang atau keluarga yang kurang mengerti untuk apa dan bagaimana kelola keuangan secara semestinya. Hal ini sering kali terjadi pada keluarga baru yang belum tahu tentang semua keperluan yang akan datang.

financial advisor untuk keluarga

Memberi panduan dan pegangan adalah manfaat yang bisa didapat. Advisor akan kasih tahu dan diskusikan kemana alokasi uang, risiko, kemampuan menanggung resiko, dan juga perputaran finansial saat Anda berumah tangga. 

  1. Manajemen Perilaku 

Dihadapkan dengan tanggung jawab baru, tidak sedikit keluarga yang overspending atau belanja berlebihan. Hal ini juga berkaitan dengan perilaku suka belanja dan mengeluarkan uang, tidak bisa menyimpan uang atau berhemat. Peran Advisor atau Planner di sini bisa beri manfaat yang sangat besar sebagai pendamping dan untuk perbaiki perilaku. Sedikit demi sedikit, mereka akan bantu Anda mengimbangi perilaku dengan kondisi keuangan dan tujuan finansial. 

  1. Membantu Menetapkan Tujuan Finansial 

Terkadang saat berumah tangga Anda punya tujuan tertentu. Ingin beli rumah sendiri, ingin anak menempuh pendidikan tinggi, atau ingin berinvestasi. Manfaat yang bisa didapat hadir dalam bentuk bantuan menetapkan tujuan dan merencanakannya. Anda akan dibantu untuk mengatur rencana sesuai keinginan dan kemampuan. Menerapkan pos, menghitung pemasukan, alokasi pengeluaran, dana tabungan, dan perencanaan biaya untuk tujuan masa depan.

  1. Membantu Melakukan Perencanaan Keuangan 

Tidak sedikit ibu rumah tangga yang merasa mampu untuk mengurus rencana keuangan. Pemasukan, pengeluaran, tagihan bulanan, biaya transportasi, sekolah, dll. adalah momok yang harus diperhitungkan dengan baik. Secara garis besar hal ini memang bisa dilakukan oleh Anda sendiri. Tapi terkadang, rencana keuangan yang dilakukan oleh mereka yang kurang menguasai bidang keuangan hanya mampu mengcover permukaan saja. Tidak secara mendalam. 

membantu perencanaan keuangan

Hal inilah yang perlu diperhatikan dengan baik. Kehadiran financial advisor atau planner beri manfaat lebih dalam bantuan untuk mengatur rencana keuangan. Dalam hal ini, rencana akan lebih mendalam, terperinci, dan terorganisir. Mulai dari menata pemasukan dan pengeluaran hingga budgeting. Semua dilakukan untuk hasilkan arus keuangan yang lebih teratur dan kas optimal. Sehingga keuangan bisa digunakan secara maksimal dan meminimalisir kerugian.

Baca Juga : Kota-Kota di Dunia yang Ramah dan Aman untuk Bersepeda 

  1. Terbantu Dalam Mengalokasikan Pengeluaran 

Menganalisis dan mengalokasikan pengeluaran adalah manfaat selanjutnya. Hal ini sangat penting dan diperlukan oleh setiap keluarga. Apalagi dalam berkeluarga, Anda akan dituntut untuk melaksanakan tanggung jawab yang lebih besar. Seperti kebutuhan, tabungan, dan tujuan yang lebih banyak. Melihat kondisi ini, jika tidak mengontrol jumlah pengeluaran maka beberapa kebutuhan bisa saja terlewat dan tidak terpenuhi sebagaimana harusnya. 

Disinilah peran dan manfaat memiliki financial advisor dan planner datang. Mereka akan bantu menghitung masukan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga, alokasi pengeluaran bisa diatur dengan baik. Mereka bisa set skala prioritas, kebutuhan primer, mutlak, sekunder, dan tersier. Bahkan menghitung berdasar waktu kapan kebutuhan itu diperlukan. Apakah sekarang, akan datang, tidak terduga, atau kebutuhan keadaan darurat. 

  1. Membantu Kelola Penyimpanan Uang 

Menyimpan uang tidak hanya sekedar menyisihkan sedikit koin di celengan. Tapi perlu rencana dan perhitungan yang baik. Apakah uang itu bisa disisihkan? Apa tidak ganggu arus kas? Banyak pertanyaan dan pertimbangan yang harus diketahui.

membantu kelola penyimpanan uang

Advisor dan planner akan bantu mengatur dan menghitung dana itu. Hal ini juga berkaitan dengan tujuan dana yang disimpan. Untuk apa dan kapan akan digunakan. Dana ini bisa digunakan untuk keperluan darurat atau simpanan masa depan.

  1. Memperkecil Anggaran Utang 

Financial advisor dan planner akan bantu merencanakan keuangan dengan baik. Kas yang diatur dengan baik untuk saat ini atau masa depan, akan bantu hindari kemungkinan utang. Terutama jika berkaitan dengan kebutuhan yang akan datang atau mendadak. Utang sering kali dijadikan solusi, namun sebaliknya utang sendiri bukan solusi terbaik. Dengan tidak punya utang, maka keuangan bisa semakin tertata dan pikiran juga lebih tenang karena tidak ada pengeluaran tambahan.

Namun jika dirasa penting dan mendesak Anda harus utang melalui pinjaman, tentunya perencana keuangan akan memberikan saran dimana sebaiknya Anda meminjam. Biasanya akan disarankan pada lembaga atau produk perbankan berbasis aplikasi pinjaman online yang aman, resmi dan diawasi oleh OJK seperti Tunaiku.

Secara garis besar, financial advisor atau financial planner berikan kemudahan dan bantuan untuk mengatur keuangan saat berumah tangga. Sebagai orang yang mengerti cara dan tips terbaik untuk mengurus keuangan, advisor tidak hanya bekerja pada perusahaan saja namun juga untuk keluarga. Pastinya dengan bantuan mereka Anda bisa kelola, tetapkan, arahkan pada segala keinginan atau tujuan sembari menghindari kerugian yang bisa terjadi.