Pentingnya Memilih Pinjaman Online Resmi dan Diawasi OJK

download aplikasi pinjaman tunaiku

ustmovie.net – Apakah Anda tahu betapa pentingnya memilih aplikasi pinjaman online resmi dan terdaftar di OJK seperti Tunaiku? Bagi yang membutuhkan dana cepat saat ini memang dapat memilih banyak alternatif pinjaman, salah satunya adalah platform pinjaman online. Jasa penyedia pinjaman dana online sendiri juga banyak pilihannya seperti aplikasi Tunaiku yang terbukti aman karena terdaftar resmi di OJK. 

Berhati-hatilah selama memakai jasa pinjaman online, karena tidak semua terdaftar dan resmi dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan. Bagaimana cara Anda memilih platform pinjaman online resmi juga perlu diperhatikan. Jangan langsung termakan umpan oknum tidak bertanggung jawab yang menawarkan bunga rendah namun ternyata palsu.

Mengapa Harus Memilih Jasa Pinjaman Online Seperti Tunaiku?

Masyarakat kita sudah sering diingatkan untuk selektif memilih jasa pinjaman online yang belum lama ini banyak dijadikan pilihan karena cepat cair. Tidak boleh memilih secara acak dan jangan lupa memastikan terlebih dahulu apakah layanan pinjaman tersebut sudah terbukti aman dan bisa dipercaya nasabah seperti Tunaiku.

download aplikasi pinjaman tunaiku

Izin operasi perusahaan akan diberikan oleh lembaga berwenang di Indonesia yang khusus mengawasi segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan yaitu OJK. Jadi, jika saat terdesak butuh dana cepat, selalu pastikan diri Anda mengajukan pinjaman online hanya di aplikasi resmi terdaftar dan diawasi OJK seperti Tunaiku. Alasan lebih jelasnya akan kami sampaikan berikut ini. 

1. Pinjaman Online Resmi Sudah Mengatur Besar Bunga dan Denda

Nasabah yang terlambat membayar bunga cicilan biasanya dikenakan denda tambahan yang besarnya sesuai kesepakatan awal. Namun, pernahkan Anda mendengar beberapa kasus dimana denda bunga keterlambatan pembayaran pinjaman online sangat merugikan para nasabah? 

Kasus tersebut seringkali dialami nasabah yang salah memilih aplikasi pinjaman online ilegal. Namun berbeda dengan bunga pembayaran pinjaman online Tunaiku yang sudah diatur oleh OJK.Besar bunga yang dikenakan pada nasabah per hari tidak boleh lebih besar dari 0,8% atau perbulan 24%. Aturan ini merupakan kode etik yang disusun oleh AFPI yang merupakan asosiasi fintech meski tidak ada dalam regulasi khusus. 

Selain itu, maksimal denda bunga keterlambatan adalah 100 persen dari pokok yang mana dibebankan kepada nasabah. Anda harus membayar denda tersebut jika terlambat membayar uang cicilan sesuai isi perjanjian dengan pinjaman online. 

Baca Juga : Manfaat Memiliki Financial Advisor atau Financial Planner Ketika Berumah Tangga

2. Menjamin Keamanan Data Nasabah

Alasan selanjutnya mengapa penting sekali memilih aplikasi pinjaman online yang resmi dan terdaftar di OJK seperti Tunaiku adalah demi keamanan data-data Anda. Keluhan lain yang sering diadukan selain masalah denda bunga keterlambatan adalah cara penagihan dari perusahaan penyedia pinjaman yang tidak sopan. Tidak jarang para nasabah sering diteror dan diancam melalui telepon dan sebagainya layaknya meminjam ke seorang debt collector saja. 

Banyak pula kasus dimana tanpa seizin nasabah pihak pinjaman online menghubungi kontak orang-orang yang ada dalam handphonenya. Kegiatan tersebut dilakukan tanpa sepengetahuan nasabah atau bisa dibilang kontak handphone peminjam telah diretas oleh oknum pinjaman online ilegal. 

Menindaklanjuti keluhan nasabah tersebut, AFPI selaku asosiasi fintech melarang kegiatan tersebut. Karena dianggap telah melanggar kode etik sama halnya dengan masalah denda bunga keterlambatan. Oleh sebab itu, pilihlah aplikasi pinjaman online seperti Tunaiku yang telah terbukti dapat menjamin keamanan data para nasabahnya.

3. Dapat Dipercaya Karena Terdaftar Resmi di OJK 

Aplikasi pinjaman online dikatakan resmi dan terpercaya apabila berada dalam daftar Otoritas Jasa Keuangan. Apabila menemukan beberapa kasus dimana nama pinjaman online hilang dari daftar OJK, penyebabnya adalah pihak pinjaman online tidak mengajukan perizinan sesuai aturan yang ditetapkan. Sehingga status aplikasi pinjaman dana tersebut tidak lagi memiliki izin karena tidak terdaftar di OJK. 

pinjaman online cepat cair

Tanda terdaftar di OJK dibutuhkan oleh suatu perusahaan fintech selama menjalankan perannya sebagai penyedia layanan pinjaman uang. Jika sudah memiliki tanda terdaftar OJK maksimal satu tahun, maka pihak pinjaman online OJK yang ingin melanjutkan operasional perusahaan wajib mendapat izin dari OJK. Apabila selama waktu yang telah ditetapkan pinjaman online tidak berhasil memenuhi syarat tersebut, maka OJK akan membatalkan tanda terdaftarnya. 

Jadi, permohonan terdaftar di OJK tidak lagi dapat diajukan oleh pinjaman online tersebut karena telah dibatalkan lembaga OJK. Nah, inilah perbedaan besar antara pinjaman online ilegal dengan pinjaman online terpercaya seperti Tunaiku yang terdaftar OJK hingga kini. 

Ketahui Syarat Terdaftar di OJK untuk Pinjaman Online 

Agar bisa mendapat tanda terdaftar OJK seperti Tunaiku, maka aplikasi pinjaman online harus memenuhi syarat-syarat berikut ini.

  1. Mengisi berkas pendaftaran dengan benar dan valid.
  2. Mengirim semua dokumen pendaftaran ke OJK. 
  3. Dinyatakan lolos tahap verifikasi dokumen atau berkas. 
  4. Dinyatakan lolos dalam penilaian kesesuaian dan live demo.
  5. Melakukan simulasi sistem dan mempresentasikan model bisnis pinjaman online di OJK. Mulai dari dewan komisaris, direksi hingga pemilik pinjaman online akan diuji dan dinilai oleh pihak OJK. 
  6. Dinyatakan lolos site visit setelah kesiapan operasional kantor pinjaman online diperiksa OJK. Oleh sebab itu, kantor fisik yang representatif harus dimiliki oleh sebuah pinjaman online yang ingin mendapatkan tanda terdaftar OJK.

Kini, Anda sudah mengerti betapa pentingnya memilih aplikasi pinjaman online yang resmi dan terdaftar di OJK seperti Tunaiku. Jadi, jangan lagi memilih jasa pinjaman online secara acak tanpa mencari tahu statusnya di OJK ya!