Profil Reza Rahadian dan Film-film yang Pernah Dibintanginya

reza rahardian

ustmovie.net – Reza Rahadian Matulessy atau yang akrab publik kenal dengan nama Reza Rahadian merupakan seorang aktor berkebangsaan Indonesia yang memulai debutnya di tahun 2007. Sosok aktor ini memang terkenal karena memiliki bakat akting yang tidak dapat diragukan lagi keahliannya. Lihat saja sudah berapa banyak film-film yang diperankan Reza Rahadian semenjak sukses debut dari 13 tahun yang lalu. 

Lahir tanggal 5 Maret 1987 di Bogor, aktor ternama Indonesia ini sudah memulai karir di dunia seni peran sejak masih remaja. Kala itu, Reza Rahadian sering melakoni peran di teater-teater. Sudah berpuluh-puluh film yang dibintanginya dan sudah banyak penghargaan yang berhasil didapatkan aktor Reza Rahadian dari berbagai ajang.

Berikut Deretan Film yang Pernah Dibintangi Reza Rahadian

1. Habibie dan Ainun

Mulai dari film Habibie dan Ainun 1-3 melibatkan Rahadian sebagai pemeran utama. Sosok Habibie diperankan dengan apik oleh aktor kebangaan Indonesia ini, walaupun berbeda-beda lawan mainnya.  Peran yang didapat Reza dalam film Habibie Ainun 1-3 adalah sebagai sosok bapak teknologi Indonesia sejak masih muda hingga tua. 

Reza Rahadian di film Habibie dan Ainun pertama dipasangkan dengan penyanyi sekaligus aktris Bunga Citra Lestari. Mereka beradu akting dengan mengambil peran sebagai Habibie dan Ainun. Sedangkan pada film Habibie dan Ainun 3, lawan main Reza Rahadian diganti dengan Maudy Ayunda. 

Adapun beberapa penghargaan yang didapatkan aktor ternama ini di tahun 2013 adalah dari Indonesian Movie Award sebagai pemeran utama pria terfavorit dan Festival FIlm Indonesia sebagai pemeran utama terbaik. Semua penghargaan ini membuktikan eksistensi Reza Rahadian dan bakat beraktingnya diakui seluruh masyrakat.

2. Kapan Kawin?

Film selanjutnya yang diperankan oleh Reza Rahadian berjudul “Kapan Kawin?” yang sepertinya berkaitan dengan pertanyaan netizen tentang kapan aktor tampan ini berhenti melajang. Dalam film “Kapan Kawin?” lawan main Reza adalah Adinia Wirasti dimana film tersebut bercerita tentang seorang perawan yang bisa dibilang hampir tua menyewa aktor untuk menjadi pacar pura-puranya. 

reza rahardian

Aktor yang disewa Adinia Wirasti dalam film tersebut adalah Reza Rahadian yang sok keren, kere dan terlalu idealis. Karena sudah sering diteror seputar pernikahan, Adinia Wirasti pun membawa pacar pura-puranya untuk dikenalkan langsung kepada orang tuanya sebagai calon suami. 

3. Guru Bangsa Tjokroaminoto

Kali ini Reza berkesempatan memerankan sosok Guru Bangsa Tjokroaminoto yang merupakan tokoh pahlawan Indonesia dalam sebuah film biopik. Film tersebut bercerita tentang kisah hidup Raden Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto dalam perjuangannya di era 1890-1920 an sebagai tokoh pergerakan nasional bangsa Indonesia. Adapun latar belakang tokoh ini lahir ditengah keluarga yang memegang teguh nilai-nilai keislaman sebagai kaum bangsawan jawa. 

Dalam film Guru Bangsa Tjokroaminoto tokoh pahlawan Indonesia ini digambarkan sebagai rakyat kecil yang tidak mempunyai koneksi ke ranah politik. Baru kemudian setelah melalui Sarekat Islam, jalannya mulai dibukakan sehingga dapat berpartisipasi. Dalam film tersebut juga diceritakan tentang perjalanan Tjokroaminoto tumbuh dan menjadi guru bangsa. 

Baca Juga : Manfaat Memiliki Financial Advisor atau Financial Planner Ketika Berumah Tangga

4. Rudy Habibie

Selain film Habibie dan Ainun, Reza rahadian juga berpartisipasi dalam film prekuel yang berjudul “Rudy Habibie”. Sapaan Rudy diperuntukkan kepada BJ Habibie muda ketika menempuh pendidikan di Jerman yang tentunya dalam film diperankan oleh aktor Reza Rahadian. Menurut penggambaran cerita, Rudy Habibie merupakan sosok yang dekat dengan teman-teman dari tanah air serta aktif ikut organisasi selama kuliah di Jerman. Film ini juga mengisahkan hubungan BJ Habibie muda dengan Ilona sebelum bertemu Ainun. 

5. My Stupid Boss 1 dan 2

Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari kembali beradu akting dalam film bergenre komedi berjudul “My Stupid Boss”. Film ini telah dirilis beberapa waktu lalu dalam seri 1 dan 2 yang masih diperankan oleh orang yang sama. Adapun peran Reza Rahadian dalam film My Stupid Bos 1 dan 2 adalah sebagai sosok Bossman yang pelit dan menyebalkan bagi karyawannya. Selain itu, latar tempat film My Stupid Boss adalah negeri Jiran, Malaysia. 

Berkat perannya sebagai seorang Bossman, banyak perhargaan didapatkan oleh Reza Rahadian di tahun 2016. Mulai dari penghargaan sebagai pemeran utama terbaik, terfavorit dan terpuji di ajang Festival Film Indonesia, Festival Film Bandung, dan Indonesian Movie Actors Award.

6. Imperfect

Film “Imperfect: Karir, Cinta dan Timbangan” diprakarsai oleh Ernest Prakasa yang mana diangkat dari novel sang isti Meira Anastasia. Dalam film Imperfect yang mengangkat tema body shaming, Reza Rahadian beradu akting dengan aktris cantik dan berbakat Jessica Mila. 

Reza Rahadian yang berperan sebagai pacar Jessica Mila sangat mencintai dan menerima dirinya apa adanya. Cerita berlanjut dengan Jessica Mila yang ingin menduduki posisi manajer namun harus memiliki penampilan cantik dan langsing yang sayang tidak dimiliki olehnya. Karena menganggap itulah peluang besar yang harus dimilikinya, Jessica Mila mulai merawat tubuh dan melakukan diet mati-matian agar keinginannya tercapai. 

Itulah profil aktor hebat yang dapat melakoni banyak peran yaitu Reza Rahadian. Selain film-film di atas, masih banyak film lain yang dibintangi aktor ini dalam berbagai genre seperti Toko Barang Mantan, Twivortiare, Critical Eleven dan masih banyak lagi.