Sejarah Sepatu Dr Martens Yang Ngetrend Di Kalangan Anak Muda

Dr. Martens Shoes

Bagi anda pecinta sepatu pasti sudah sangat familiar dengan jenis sepatu Dr Martens ini. Tidak hanya dikalangan pecinta sepatu saja, bagi anda yang hobi music ataupun film mungkin sering melihat atau mengetahui sepatu jenis ini. Bahkan sepatu ini sudah menjadi bagian di dunia fashion dan memiliki penggemar yang sangat banyak.

Sepatu ini pun semakin popular sepanjang perjalanannya kurang lebih 60 tahun dan dipakai oleh banyak kalangan seperti polisi, selebriti, hingga komunitas atau kelompok kelompok tertentu. Sepatu ini dihargai cukup mahal untuk sepasangnya yaitu sekitar 225 US Dollar atau setara 3 juta rupiah lebih. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai sepatu ini, kita mundur kebelakang untuk melihat sejarah sepatu Dr Martens ini.

Sejarah Dan Awal Mulai Sepatu Dr Martens Di Dunia Fashion

Banyak yang menyebut sepatu ini dengan sebutan Dr Martens, Doc Martens, Docs ataupun DMS. Terlepas dari berbagai sebutan tersebut sepatu ini sudah sepatu ini memiliki sejarah yang Panjang dalam pembuatannya. Sebagian orang mungkin berpikir bahwa sepatu Dr Martens ini merupakan sepatu produk yang berasal dari Inggris. Namun faktanya sepatu ini merupakan buatan seorang dokter tentara Jerman pada era perang dunia kedua yaitu Dr. Klaus Martens.

Ide dari pembuatan sepatu ini ketika Dr Martens cedera ketika bermain ski di kawasan pegunungan Bavaria, Jerman. Ketika itu sepatu boots miliknya dirasa tidak nyaman dipakai dalam keadaan kaki yang cedera. Sehingga Dr Martens memodifikasi sepatu tersebut dengan memberikan lapisan kulit lembut dan sol yang lebih empuk dengan bantalan udara.

Pada tahun 1947 beliau merealisasikan dengan memproduksi secara massal sepatu tersebut bersama temannya. Setelah melalui berbagai perbaikan penjualan sepatu tersebut mengalami peningkatan dan pada tahun 1959 hak paten dari sepatu tersebut dibeli oleh perusahaan asal Inggris dan pada tanggal 1 april 1960 sepatu tersebut resmi di pasarkan di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Sepatu Dr Martens pun disambut baik di Inggris dan mulai dipakai oleh tukang pos dan pekerja pabrik sehingga memunculkan paradigma bahwa sepatu tersebut merupakan simbol kaum pekerja. Pada era 60-an sepatu tersebut banyak digunakan oleh ana vespa dan juga kaum skinhead. Selang 10 tahun sepatu tersebut banyak dipakai oleh musisi mulai genre Punk Rock, Ska, Hardcore dan lain sebagainya.

Hingga saat ini sepatu tersebut menjelma menjadi bagian fashion dunia dan trend di berbagai kalangan. Meskipun sepatu Dr Martens ini tidak seterkenal dulu namun sepatu ini masih memiliki peminat dan penggemarnya sendiri sehingga meskipun bersaing dengan merek dan jenis sepatu lain yang mendunia sepatu boots Dr Martens ini tidak akan hilang dimakan zaman.

Harga Sepatu Dr Martens Terbaru

Peningkatan penjualan sepatu Dr Martens meningkat di seluruh dunia hingga mencapai 25 persen terutama di wilayah Asia Timur. Bahkan saat ini banyak negara yang mulai membuat replika dari sepatu Dr Martens ini salah satunya Tiongkok. Meskipun banyak negara mampu membuat replikanya masih tetap jauh baik itu soal kualitas, kenyamanan ataupun lainnya jika dibandingkan dengan sepatu yang dibuat di Inggris.

Menurut pihak dari Dr Martens, bahan dan material atau proses manufaktur yang digunakan tidak dirubah sehingga tidak membahayakan kualitas produk mereka. Adapun perubahan yang diganti yaitu untuk meningkatkan pengalaman pemakai dan meningkatkan produk ikonik mereka. Sehingga harga sepatu ini pun terus meningkat sesuai dengan inflasi.

Di Indonesia sendiri kita bisa menemukan sepatu Dr Martens ini dengan mudah. Baik itu mencari melalui offline store ataupun online store. Tentu dengan harga yang juga bervariasi tergantung model dan lain sebagainya. Jika anda melihat harga yang ada di internet harga sepatu Dr Martens ini dipatok mulai dari 700 ribuan hingga 4 juta lebih.

Sungguh sangat menarik jika berbicara mengenai sepatu yang sudah menjadi bagian dari fashion dunia ini. Bagaimana tidak. Sepatu yang awalnya hanya dipakai oleh tukang pos dan para pekerja pabrik sehingga muncul paradigma sepatu pekerja ini semakin kesini mulai digunakan oleh banyak kalangan. Mulai dari kelompok skinhead di Inggris, para musisi dari berbagai genre hingga selebriti papan atas mulai menggunakan sepatu tersebut.

Sepatu ini pun cocok digunakan dan digabungkan dengan berbagai fashion celana dan juga baju sehingga pemakainya tampak lebih trendi dan keren. Itulah beberapa fakta menarik seputar sejarah dan awal mulai sepatu Dr Martens ini muncul dan harganya di pasaran. Jika anda berminat memiliki sepatu tersebut anda bisa menemukannya di marketplace yang ada di online shop atau offline dengan berbagai model dan juga harga yang cukup terjangkau.