Social Distancing dan Physical Distancing, Apa dan Bagaimana Penerapannya

penerapan physical distancing

ustmovie.net – Sebagai upaya pencegahan penularan virus Corona agar tidak semakin meluas, pemerintah pun mengeluarkan berbagai kebijakan. Pernahkah Anda mendengar kebijakan dengan istilah social distancing atau physical distancing? Kedua istilah tersebut sering kali disebut sebut jika berkaitan dengan pencegahan penularan virus penyebab Covid-19, yang hingga kini belum ada vaksinnya. Agar tidak semakin bingung dengan istilah tersebut? Yuk simak dalam ulasan ini.

Pengertian Social Distancing

Secara bahasa, social distancing bisa diartikan sebagai jarak sosial. Istilah social distancing sendiri mengacu pada suatu langkah guna mengendalikan juga mencegah penularan virus Corona, dengan cara menganjurkan orang sehat membatasi kunjungan ke tempat ramai dan kontak langsung secara orang lain. Sehingga pada saat seseorang menerapkan social distancing, maka ia tidak diperkenankan untuk berjabat tangan serta menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang lain.

mengenal social distancing

Namun ternyata istilah tersebut tidak terlalu dipahami dengan benar oleh masyarakat. Pasalnya banyak yang mengartikan social distancing tersebut dengan berjaga jarak secara sosial atau menjauhi hubungan sosial itu sendiri. Hingga kemudian WHO (World Health Organization) sebagai lembaga yang pertama kali mengeluarkan aturan tersebut mengganti istilah untuk menyebutkan pembatasan jarak antar manusia. Yang semula social distancing menjadi physical distancing.

Mengenal Apa Itu Physical Distancing

Sebagai pengganti istilah social distancing, physical distancing terbilang lebih tepat untuk digunakan. Pasalnya secara bahasa sendiri, istilah tersebut mengacu pada jarak fisik. Sehingga physical distancing bisa diartikan sebagai pembatasan jarak manusia secara fisik guna mencegah dan mengendalikan penularan virus Corona, dengan tidak memutuskan hubungan kerabat atau hubungan sosial.

Dimana hal tersebut berarti masyarakat bisa menjaga jarak satu sama lain dengan cara berdiam diri di rumah masing masing, namun masih tetap menjalin hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang bisa dilakukan melalui media sosial. Dengan menggunakan istilah physical distancing, maka masyarakat tidak akan merasa terisolasi secara sosial dan menjauhi satu sama lain.

Baca Juga : Aplikasi Zoom Mendadak Booming di Tengah Covid-19

Penerapan Physical Distancing

Kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan physical distancing guna mencegah penyebaran virus Corona, telah banyak dikeluarkan oleh pemerintah. Mulai dari kebijakan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah, kemudian para pelajar yang belajar di rumah secara online, juga menunda adanya pertemuan atau acara yang dihadiri banyak orang seperti konferensi, seminar, dan rapat. Dimana kegiatan tersebut dapat dilakukan secara online melalui konferensi video atau teleconference.

penerapan physical distancing

Selain itu dalam menerapkan physical distancing, masyarakat diimbau tidak mengunjungi orang yang sedang sakit,  tidak berdekatan atau berkumpul di keramaian atau tempat-tempat umum, mengurangi kegiatan kumpul ke rumah kerabat atau teman dan menerima kunjungan, serta menghindari melakukan perjalanan ke luar kota ataupun ke luar negeri. Bahkan dalam menerapkan physical distancing, saat terpaksa ke tempat umum masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker.

Persiapan Melakukan Penerapan Physical Distancing

Karena adanya kebijakan physical distancing, membuat sebagian besar masyarakat yang tidak memiliki kepentingan harus tetap berada di dalam rumah. Agar tidak merasa bosan, maka ada beberapa hal yang perlu untuk disiapkan. Lantas apa saja yang perlu disiapkan sebelum menjalani physical distancing? Berikut beberapa persiapan yang perlu Anda ketahui.

Membuat rencana kegiatan. Sebelum ada wabah Covid-19, Anda mungkin sudah terbiasa melakukan kegiatan di luar ruangan tanpa khawatir dengan keramaian. Namun dengan adanya physical distancing, kegiatan tersebut harus direncanakan ulang guna meminimalisir risiko terjangkit virus Corona. Jika memang harus datang di tempat umum, misalnya pasar atau swalayan maka pilihlah waktu berkunjung di luar jam sibuk.

salah satu bentuk physical distancing

Sebagai penunjang penerapan physical distancing, usahakan sudah menyiapkan beberapa kebutuhan harian. Stok makanan, sabun, disinfektan, dan kebutuhan lainnya dalam jumlah yang cukup adalah beberapa hal yang perlu disiapkan. Kemudian pada saat membeli stok makanan, usahakan pilih dan konsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk memperkuat daya tahan tubuh. Jika Anda memiliki penyakit tertentu atau tengah menjalani pengobatan, jangan lupa untuk sediakan stok obat.

Untuk pelajar dan pekerja kantoran, akses internet merupakan hal yang sangat penting untuk disiapkan. Untuk itu, guna menunjang belajar di rumah dan work from home maka ada baiknya menyediakan wifi atau kuota internet yang cukup banyak dan memiliki kecepatan yang stabil. Namun tidak hanya untuk belajar dan bekerja, akses internet tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi terbaru mengenai situasi dan penyebaran Covid-19 di nusantara dan dunia.

Sehingga dari ulasan ini dapat disimpulkan bahwa, physical distancing merupakan istilah baru untuk mengganti social distancing sebagai upaya pencegahan dan pengendalian penularan virus Corona. Penerapan physical distancing yang paling tepat adalah dengan berada di rumah. Sehingga sangat disarankan agar masyarakat sebisa mungkin menghabiskan waktu di rumah. Demikian informasi tentang seputar social distancing atau physical distancing yang perlu Anda ketahui, semoga dapat membantu.