7 Jenis Makanan yang Bikin Sehat dan Panjang Umur

7 Jenis Makanan yang Bikin Sehat dan Panjang Umur

Siapa yang tidak mau memiliki panjang umur, dimana tentu saja kuncinya adalah dengan menjaga kesehatan. Tidak hanya itu saja, kesehatan sangat dipengaruhi oleh makanan yang masuk dalam tubuh. Dimana ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa bikin Anda menjadi panjang umur. Apa saja jenis makanannya? Ikutilah pembahasannya di bawah ini. 

7 Daftar Makanan yang Bikin Sehat serta Panjang Umur 

Pola hidup sehat terdiri dari berbagai aspek, termasuk dalam asupan makanan yang dipilih. Sudah banyak sekali ahli yang telah mengungkapkan bahwa makanan berperan penting dalam kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, maka kemungkinan berumur panjang juga tinggi. Berikut ini adalah 7 jenis makanan yang bisa membuat tubuh sehat dan panjang umur: 

Kacang-kacangan 

Jenis makanan pertama yang telah terbukti sangat baik untuk kesehatan tubuh adalah kacang-kacangan, dimana jenis makanan ini pun dipercaya bisa memperpanjang umur. Dari studi yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health, jenis kacang kenari dan pistachio mampu mengurangi resiko penyakit jantung. 

Tidak hanya itu saja, sempat ada studi yang dilakukan pada tahun 2004, dimana orang dengan usia 70 tahun yang mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang merah, kedelai, polong dan lentil setiap hari menghasilkan penurunan risiko kematian 7 hingga 8 persen. 

Ikan 

Dalam ikan terdapat senyawa yang bernama karotenoid yang terbukti dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit syaraf. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Tidak hanya itu saja, jika Anda menyelingi dengan makan ikan seperti salmon, tuna atau sarden, maka akan mendapatkan asupan asam omega 3. Dimana jenis senyawa ini sendiri dipercaya akan membuat Anda awet muda. 

Sayuran hijau 

Tidak dapat dipungkiri bahwa sayuran adalah salah satu jenis makanan yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Misalnya saja seperti brokoli atau bayam yang memang mempunyai kandungan serat tinggi dan padat gizi. Sayuran lain yang juga dipercaya dapat mencegah kanker payudara adalah seperti lobak, bok choy, kubis dan sawi. Bahkan jika Anda suka dengan rumput laut dan mengkonsumsinya dengan rutin, maka dapat mencegah kanker serta meningkatkan imun tubuh. 

Buah dari keluarga beri 

Beri-berian adalah jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia, dimana buah jenis ini pun telah terbukti mampu menurunkan resiko kematian dini. Contohnya adalah seperti strawberry, blueberry, blackcurrant, semangka, tomat, anggur, pisang dan keluarga buah beri lainnya terbukti memiliki antioksidan yang sangat tinggi. Dimana dengan rutin mengkonsumsi buah beri-berian dapat meningkatkan imun tubuh dan membantu Anda terkena penyakit kronis. 

Gandum utuh 

Gandum utuh biasanya dapat ditemukan dalam produk seperti pasta, oatmeal, roti dan kue lainnya. Dimana dengan mengkonsumsi produk tersebut, peluang untuk bisa berumur panjang pun sangat besar. Tidak hanya itu saja, diet tinggi serat pun akan menurunkan resiko akan kematian dengan penyebab apapun. Namun, pastikan Anda benar-benar mengkonsumsi produk yang mengandung 100% gandum utuh. 

7 Jenis Makanan yang Bikin Sehat dan Panjang Umur

Alpukat 

Buah yang satu ini sendiri sering kali kita jadikan sebagai jus dan tentu saja rasanya lezat. Namun, Alpukat akan maksimal manfaatnya apabila Anda tidak menambahkan gula atau susu ke dalamnya. Alpukat sendiri termasuk dalam keluarga buah beri, namun memang manfaat yang diberikan oleh buah berwarna hijau ini sendiri sangatlah besar. 

Alpukat mampu menjaga jantung Anda agar tetap sehat, dimana lemak yang terkandung dalam buah ini sendiri adalah lemak baik yang jelas akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan dengan konsumsi alpukat, kadar kolesterol dalam darah pun akan stabil dan bisa meningkatkan imun tubuh. 

Minyak zaitun 

Banyak yang tidak tahu, bahwa minyak zaitun sendiri adalah ekstrak lemak yang dihasilkan oleh buah zaitun dan merupakan lemak baik serta mempunyai manfaat untuk memberikan peluang berumur panjang. Tidak seperti jenis minyak lainnya. Pada minyak zaitun sendiri Anda tidak perlu khawatir akan kerak pada dinding pembuluh darah. 

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa kerak dalam pembuluh darah menyebabkan penyempitan dan membuat darah tidak mengalir dengan lancar ke jantung. Sehingga bisa membuat tubuh terkena penyakit kardiovaskular. Dalam minyak zaitun sendiri terdapat beberapa kandungan yang sangat baik seperti antioksidan dan polifenol. 

Kedua kandungan tersebut sangat ampuh untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker payudara dan juga kanker usus. Bahkan penelitian yang dilakukan di Yunani telah membuktikan bahwa resiko kanker payudara akan menurun sekitar 12% terhadap orang yang rajin konsumsi sayuran dan minyak zaitun. 

Demikianlah 7 jenis makanan yang tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tapi juga panjang umur. Anda pun akan mendapatkan banyak sekali manfaat dengan mengkonsumsi makanan yang sudah disebutkan secara rutin. Hanya saja, pastikan tetap sesuai porsi dan imbangi dengan olahraga serta pola hidup sehat lainnya.