Bolehkah Cicil Mobil Dan Cicil Rumah Secara Bersamaan ? Yuk, Simak Ulasan Lengkapnya Disini

Ilustrasi Kredit Mobil dan Rumah

Saat ingin melakukan kredit mobil atau pengajuan kredit pemilikan rumah ( KPR ) anda juga harus memperhitungkan cicilan tenor yang akan anda bayar. Apabila anda tidak memperhitungkan hal tersebut dengan benar maka akan menimbulkan masalah kedepannya seperti pembayaran cicilan yang macet.

Tentu saja hal tersebut tidak ingin terjadi pada siapapun, maka dari itu bank biasanya menilai dan memberikan kredit dengan rasio 30 % dari total penghasilan anda.tujuannya adalah agar sisa penghasilan anda dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang lainnya. Sedangkan pada kasus KPR, besar uang cicilan tergantung dari berapa besar uang yang anda setorkan sebagai uang muka atau DP.

Bolehkah melakukan cicilan mobil dan rumah secara bersamaan ? secara umum hal tersebut bisa dilakukan dengan syarat anda memiliki penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari dan cukup untuk membayar uang cicilan dengan masa tenor yang telah ditentukan. Selain itu anda diwajibkan mampu membayar DP baik untuk rumah ataupun mobil.

Tips Jika Ingin Melakukan Cicilan Rumah dan Mobil Secara Bersamaan

Agar dapat melakukan kredit mobil dan rumah secara bersamaan tentu saja anda harus memutar otak dan berpikir keras bagaimana cara mengelola keuangan yang tepat agar tidak menjadi masalah di lain hari apalagi anda yang tinggal di kota besar seperti Jakarta atau sekitarnya. Bagi anda yang ingin melakukan cicilan rumah dan mobil sekaligus, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan.

1. Mengatur Anggaran Rumah Tangga Anda

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum melakukan kredit rumah dan mobil secara bersamaan yaitu mengatur dan mengalokasi anggaran yang anda miliki. Maksudnya adalah anda harus membagi penghasilan anda maksimal 30 – 35 % dari total penghasilan anda untuk digunakan membayar cicilan rumah dan mobil tersebut.

2. Alokasi cicilan mobil dan rumah

Dalam hal ini sebaiknya anda mengalokasi anggaran lebih besar terhadap cicilan rumah ketimbang cicilan mobil. Sebagai contoh 5 juta untuk cicilan rumah dan 3 juta untuk cicilan kendaraan. Kenapa begitu, sebab kendaraan merupakan kebutuhan tingkat dua dimana anda memiliki opsi lain yaitu menggunakan kendaraan atau fasilitas umum.

3. Membeli rumah dengan kemampuan finansial

Sebelum mengajukan kredit rumah ada baiknya anda melakukan window shopping ke berbagai bank. Tujuannya adalah agar anda mendapat informasi mengenai berapa jumlah pinjaman yang bisa anda ambil dan berapa jumlah cicilan yang harus dibayar serta masa tenornya. Setelah mendapatkan informasi tersebut anda tinggal memilih rumah menyesuaikan dengan kemampuan finansial anda.

4. Membeli mobil dengan kemampuan finansial

Sama halnya dengan melakukan pinjaman dan membayar cicilan rumah, saat hendak melakukan cicilan mobil sebaiknya anda melakukan pembelian sesuai dengan kemampuan finansial anda. Supaya tidak terjadi masalah seperti penarikan kendaraan oleh bank atau masalah lainnya.

5. Menentukan prioritas pembelian

Melakukan cicilan secara rumah da mobil secara bersamaan sah sah saj untuk anda lakukan selama anda memiliki biaya yang cukup. Ada baiknya jika anda memprioritaskan membeli rumah terlebih dahulu sebab harga rumah akan selalu naik.  Sedangkan kendaraan selam pabriknya masih ada masih memiliki kesempatan membeli mobil tersebut di lain hari.

Skema Pengajuan KPR Sementara Masih Ada Cicilan Lain

Kita sudah membahas mengenai tips jika anda hendak mengambil kredit mobil ataupun rumah secara bersamaan. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana skema pengajuan KPR sementara anda masih memiliki cicilan lain. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa bank menilai rasio kemampuan kredit anda sekitar 30 % dari total penghasilan anda dan pasangan anda.

Istilah tersebut dikenal dengan sebutan Debt Burden Ratio atau yang disingkat DBR yang berarti besaran rasio terhadap seluruh pendapatan bersih anda. Besaran DBR ini tergantung dari kebijakan tiap bank, namun secara umum biasanya besaran DBR ini sekitar 30 – 40 %. DBR ini hanya akan berlaku bagi anda yang yang ingin mengambil cicilan semntara masih memiliki cicilan lainnya.

Beberapa Alasan Pengajuan Kredit Mobil Anda Dibatalkan

Beberapa dari anda mungkin pernah mengalami pembatalan saat mengajukan kredit mobil ke bank atau lainnya. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan pengajuan kredit anda dibatalkan seperti pendapatan anda belum mencukupi, tidak sanggup membayar DP, punya masalah dalam hal kredit di bank, persyaratan yang tidak lengkap dan bersikap tidak kooperatif atau memberikan data diri yang palsu.

Cukup ribet bukan ? maka dari itu agar proses pengajuan kredit anda lancer sebaiknya anda tetap menjaga stabilitas finansial anda serta keaslian dokumen anda. Sebab dengan begitu anda akan lebih mudah melakukan kredit mobil.

Download: Aplikasi Bank Digital Senyumku