Daftar Film yang Masuk Nominasi Festival Cannes

Festival film Cannes merupakan salah satu ajang guna mempromosikan karya-karya para sutradara. Festival ini juga sekaligus memfasilitasi distributor untuk memperoleh film-film bagus. Supaya sebuah film dapat ditayangkan pada festival, tentunya harus melewati seleksi ketat. Termasuk pada film-film yang masuk nominasi di festival Cannes.

Bisa masuk dalam nominasi di ajang bergengsi seperti Cannes tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi para sutradara, produser hingga para artisnya. Karena, festival ini tidak hanya untuk film-film besar saja, tetapi semua jenis film termasuk indie. Sehingga festival ini sangatlah dinanti.

Bahkan ada begitu banyak film yang masuk pada nominasi festival Cannes ini akhirnya berhasil untuk memperoleh academy awards contohnya seperti Apocalypse Now, The Pianist, Parasite dan lain sebagainya.

 

Film-Film Dunia yang Masuk Nominasi

Nah, berikut adalah jajaran film-film dunia yang berhasil masuk pada nominasi ajang bergengsi festival Cannes, diantaranya :

  • Broker 

Salah satu film dari Korea Selatan yang pada akhirnya berhasil menjadi perwakilan adalah Broker, film ini berhasil menjadi nominasi pada festival Cannes tahun 2022. Film broker ini disutradarai oleh Hirokazu Koreeda, aktor yang dipilih untuk memainkan film broker ini adalah Gang Dong Won, Bae Doona dan Song Kang Ho.

Film drama ini mengisahkan tentang dua orang pria yang bekerja pada agensi penyalur bayi, agensi ini cukup berbeda dengan yang lainnya karena yang ditampung hanyalah bayi-bayi yang memang dibuang oleh orang tuanya, kemudian mereka akan membantu bayi-bayi tersebut mendapatkan orang tua asuh.

Awalnya semua itu berjalan sesuai dengan rencana atau berhasil hingga akhirnya muncul seorang ibu yang juga pernah memberikan bayinya melalui agensi tersebut dan kemudian ia bergabung. Film ini sendiri akan dirilis secara internasional awal Juni 2022 di mana hak distribusinya telah dibeli oleh NEON. 

  • The Eight Mountains

Eight Mountains adalah film berdasarkan novel dengan judul yang sama, dan ceritanya berlangsung di Pegunungan Alpen Italia. Plotnya dijalin oleh persahabatan dua anak laki-laki dari kelas ekonomi dan sosial yang berbeda. 

Pietro, dari kota, sedang berlibur di sebuah desa di kaki pegunungan Alpen ketika dia secara tidak sengaja bertemu dengan Bruno, seorang bocah lelaki lokal di desa tersebut. Persahabatan mereka berlangsung selama puluhan tahun. 

Drama ini disutradarai oleh Felix van Groeningen dan Charlotte van der Mesch, yang menyutradarai Breakthrough dan Beautiful Boy. Dua pemeran utamanya diperankan oleh duo Luca Marinelli dan Alessandro Borghi yang membintangi film berjudul Don’t Be Bad.

  • Brother and Sister

Dibintangi oleh Marion Cotillard dan Melvil Poupaud, Kakak dan Adik menganggap mereka sebagai saudara kandung yang sudah puluhan tahun tidak berbicara. Hingga sebuah kecelakaan hampir merenggut nyawa orang tua mereka. Baru pada saat itulah mereka bertemu dan mencoba berdamai. 

Film ini memiliki formula khas festival film yang bertempo lambat, namun membuat penasaran hingga akhir film. Sejauh ini, belum ada distributor yang tertarik mengelola pemutaran massal.

  • Boy from Heaven

Ini adalah film terbaru dari sutradara Tariq Saleh, yang sebelumnya dikenal dengan insiden The Nile Hilton tahun 2017 lalu. Masih berlatar belakang Mesir, kali ini ia khusus mengamati kehidupan para mahasiswa di perguruan tinggi keagamaan. 

Plot dimulai dengan kematian seorang profesor yang kemudian mendorong perebutan pengaruh di kampus. Film ini mencoba menangkap dinamika kekuasaan dan pertarungan ideologis yang bisa muncul di segala aspek kehidupan, termasuk bidang pendidikan.

  • RMN

RMN adalah karya terbaru sutradara Rumania Christian Mungi, yang memenangkan penghargaan di Cannes untuk filmnya 4 Bulan, 3 Minggu, 2 Hari dan Wisuda. Pemeran dalam film ini adalah Matthias, seorang pria yang telah kembali ke kampung halamannya. 

Setelah tinggal di Jerman selama bertahun-tahun. Ia mencoba menyaksikan tumbuh kembang putra yang ditinggalkannya. Namun, kehidupan di kampung halaman tidak sesederhana yang dibayangkan.

  • Decision to Leave

Broker tidak sendirian, mendampingi Decision to Leave sebagai perwakilan Korea di Festival Film Cannes 2022. Drama kriminal ini disutradarai oleh sutradara Park Chan-wook, yang sebelumnya menyutradarai “Oldboy” dan “The Handmaid”. 

Kali ini, ia membawa sudut pandang seorang detektif yang menyelidiki kematian seorang pria. Dia sangat meragukan sosok misterius istri korban. Decision to Leave telah membeli hak siarnya dari MUBI.

  • Holy Spider

Holy Spider adalah dramatisasi peristiwa nyata penangkapan pembunuh berantai Saeed Hanaei dari Iran. Saat ditangkap, Hwa Rong mengaku hanya mengincar PSK dengan dalih menyelamatkan agamanya.

Terlepas dari hukumannya, beberapa partai politik dan kelompok masyarakat justru menganggapnya sebagai pahlawan. Itu juga membuat kasus Hwa-jung kurang populer. Sutradara Ali Abbasi mengakui bahwa film tersebut berpotensi menjadi kontroversi karena dua pandangan yang berseberangan.

Nah, itulah tadi jajaran film dunia yang masuk dalam nominasi festival Channes di tahun 2022 ini. Apakah dari beberapa film diatas ada yang pernah kamu tonton? Jika ada, maka kamu patut berbangga hati, karena film tersebut bisa masuk di nominasi dan semoga bisa memenangkannya.