Deretan Pemenang Oscar 2022

Piala Oscar 2022 sudah selesai dilaksanakan di Dolby Theatre, tepatnya di Los Angeles , Amerika Serikat, tanggal 17 Maret waktu AS. CODA berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Picture pada ajang Oscar 2022.

Di piala Oscar ini film CODA pun mendapatkan 2 penghargaan lain, yakni BEST Supporting Actor dan Best Adapted Screenplay. Selain  itu Film Dune juga berhasil mendapatkan 6 penghargaan, yakni Best Production Design, Best Cinematography, Best Original Score, Best Visual Effects Best Sound, dan Best Film Editing.

Dari sisi aktor, ada Will Smith yang meraih penghargaan untuk Best Actor. Will Smith mendapatkan ganjaran ini atas penampilan dia sebagai Richard Williams, sebagai ayah dari Serena petenis dunia dan Venus Williams, di dalam film King Richard.

Pemenang Oscar 2022

Nah pada kesempatan kali ini, akan dirangkum deretan pemenang Oscar 2022. Berikut daftar lengkapnya sesuai kategori masing-masing:

Best Picture 

Pemenang dalam kategori Best Picture adalah CODA. Film yang satu ini memang patut mendapatkan Piala Oscar dalam kategori ini, karena ceritanya sangatlah menyentuh. Namun, hal yang membuat bangga adalah CODA merupakan film yang dirilis di layanan streaming, yaitu Apple+. Membuatnya menjadi film pertama dari layanan streaming yang menang dalam piala bergengsi ini. 

Best Actress

Kategori Best Actress disabet oleh Jessica Chastain yang bermain dalam film The Eyes of Tammy Faye. Artis yang sudah berusia 45 tahun tersebut memang pantas mendapatkan Piala Oscar dalam kategori ini. Aktingnya yang sangat apik dan memukau membuatnya layak menjadi aktris terbaik di tahun 2022. 

Best Actors 

Seperti yang sudah disebutkan pada pembuka, dimana untuk kategori ini yang mendapatkannya adalah Will Smith. Tapi, sayang walau menang dalam Piala Oscar dari kategori utama, Will Smith harus menerima ganjaran tidak boleh datang ke acara Piala Oscar hingga 10 tahun mendatang akibat dari tindakannya menampar Chris Rock di panggung. 

Best Director 

Untuk kategori Best Director dimenangkan oleh Jane Campion dalam film The Power of The Dog. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini memang memberikan cerita yang membuat tercengang. Plot twist yang di bagian akhir film sendiri membuat banyak penggemar film geleng-geleng. Tidak heran jika berhasil mendapatkan Best Director. 

Best Original Song 

Sepertinya Billie Eilish dan Finneas tidak ada hentinya mencetak prestasi. Setelah Billie Eilish mendapatkan Piala Grammy sebagai pemenang termuda, kali ini ia pun berhasil memenangkan Piala Oscar dalam kategori Best Original Song dengan lagu No Time to Die dari film yang berjudul sama. 

Best Costume Design 

Kalian pasti sudah tidak akan kaget bila kategori Best Costume Design dimenangkan oleh film Cruella. Bagaimana tidak, dalam film yang berkaitan tokoh jahat dari 101 Dalmation tersebut selalu memberikan fashion keren dan juga memukau. Maka, tidak heran jika film ini berhasil meraih kategori Best Costume Design. 

Best Supporting Actor

Dalam kategori ini yang berhasil memenangkannya adalah Troy Kotsur dari film CODA. Sudah tidak perlu lagi ditanya mengapa ia menang, karena penampilan Kotsur dalam film CODA juga tidak bisa dianggap remeh. Memukau sekali dan juga mampu menyentuh penonton walau hanya sebagai pemeran pendukung. 

Best Animated Picture 

Untuk kategori Best Animated Picture dimenangkan oleh Encanto yang merupakan film animasi produksi dari Disney. Kalau kalian yang sudah pernah menontonnya pasti tahu kenapa film ini layak mendapatkan Piala Oscar. Cerita yang kental dengan budaya Kolombia ini pun berhasil memukau pecinta film, terlebih anak–anak. 

Best Supporting Actress 

Sedangkan dalam kategori pemeran wanita pendukung terbaik di Piala Oscar dimenangkan oleh Ariana DeBose. Aktris yang bermain dalam film Seaside ini mendapatkan penghargaan ini akan aktingnya dalam film West Side Story. Dengan akting yang sangat keren dan mampu membuat penonton terpesona, apalagi dengan karakter yang ia mainkan dalam film tersebut, tidak heran jika DeBose mampu membawa pulang salah satu piala dari penghargaan film paling bergengsi ini. 

Best Original Screenplay 

Untuk kategori Best Original Screenplay dimenangkan oleh Belfast. Sebuah film yang ditulis oleh Kenneth Branagh ini mampu memberikan pandangan yang berbeda. Kenneth Branagh membuat film ini karena ia ingin membagikan bagaimana sebuah kerusuhan besar di mata anak umur 9 tahun. Diambil dari kisah yang dialaminya sendiri, Belfast mampu menjadi salah satu film terbaik saat ini. 

Selain kategori di atas, masih banyak kategori lain yang juga dimenangkan oleh film-film terbaik. Piala Oscar sendiri selalu mendapatkan perhatian besar dari dunia, mengingat bahwa setiap film di sepanjang tahun akan bersaing untuk memperoleh salah satu penghargaan dari acara ini.

Meski banyak skandal yang terjadi, tapi tahun ini Piala Oscar terbilang sukses dan hasil pemenangnya pun memuaskan.