Fakta Unik Mengenai Film Qodrat

Buat kamu para penggemar film horor tentunya belakangan ini manjakan dengan salah satu film horor yang tayang sejak Oktober 2022 lalu. Film berjudul Kodrat dan dimainkan oleh vino G Bastian beserta istrinya yaitu Marsha Timothy sebagai pemeran utama. 

Tentunya menarik minat banyak orang, bahkan di Malaysia sendiri film ini sangat disukai karena memberikan pesan yang baik kepada para audiensnya. Film kodrat ini disutradarai oleh Charles Gozali yang mana dia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan film ini.

Fakta-Fakta dari Film Qodrat

Sebagaimana yang kita ketahui apabila sebuah film hadir di tengah-tengah masyarakat biasanya akan dibarengi dengan fakta-fakta unik yang menarik sehingga dapat menarik minat para penonton. Begitu pula dengan film Qodrat ini, apalagi pemeran utamanya merupakan seorang aktor kawakan yang disukai oleh banyak orang.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa fakta unik dan menarik yang ada di film Kodrat, yaitu : 

  • Pertama kalinya Vino G. Bastian bermain pada film horor

Selama kurang lebih 15 tahun Vino G Bastian menggeluti dunia perfilman, Qodrat merupakan film bergenre horor pertama yang dimainkannya. Ia pernah mengatakan bahwa bukannya tidak ingin bermain pada film bergenre horor. 

Hanya saja beberapa skenario yang sebelumnya pernah diberikan kepadanya itu, belum membuat dirinya ingin melakukan adegan tersebut atau karakter yang harus dimainkan tidak cocok.

 

Hingga akhirnya Vino membaca naskah dari film Qodrat, dimulai dari jalan ceritanya yang menarik dan juga karakter dari pemeran utamanya. Membuat Vino merasa bahwa inilah film horor yang dia inginkan, apalagi kodrat merupakan debut film bergenre horor dirinya dan juga sang istri yaitu Marsha Timothy.

  • Bernuansa religi dan horor

Selain membawa nuansa horor film yang satu ini juga memiliki pesan religi tersendiri karena memang terdapat nilai-nilai agama di dalamnya, sebab cerita dari film ini mengisahkan seorang ustaz yang memang memiliki keahlian untuk meruqyah orang-orang yang diganggu oleh jin jahat.

Tahukah kamu, bila dalam pembuatan naskah film kodrat ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melakukan banyak riset supaya tidak ada kesalahan pada tafsir Al-Quran, di mana jika sampai salah tentunya akan memberikan informasi yang tidak benar.

  • Tentang seorang ustadz yang gagal meruqyah anak laki-lakinya

Film ini mengisahkan tentang Qodrat yang merupakan seorang ustad di mana ia telah gagal melakukan ruqyah kepada anaknya sendiri yaitu Alif Al Fatanah. Anak dari sang ustad ini dirasuki oleh sesosok iblis yang bernama Assuala.

Qodrat kemudian memutuskan untuk kembali ke tempat ia pernah menuntut ilmu agar dapat memperdalam ilmu ruqyah yang telah ia miliki, karena tentunya dirinya tidak mau kegagalan tersebut terulang kembali.

Ketika Qodrat ada di pesantren tepatnya dulu menimba ilmu, dirinya kembali harus berhadapan dengan iblis yang merasuki buah hatinya. Iblis tersebut merasuki sosok anak dari seorang wanita yang bernama Yasmin yaitu Alif Amri.

  • Banyak melibatkan ahli agama

Pembuatan film Qodrat juga dibantu dan dibimbing oleh tokoh agama. Sebagai ustadz, Randy dan Vino tentu harus banyak belajar dari ustadz asli dan beberapa tokoh agama. Ini untuk mendukung akting dan menghindari kesalahpahaman dalam film. Adegan-adegan dalam film-film Qodrat terbukti terlihat alami dan hidup berkat bimbingan para tokoh ahli.

  • Terjadi perubahan dialog di akhir syuting

Fakta menarik selanjutnya adalah ketika salah satu aktor, yaitu Randy, mengungkapkan bahwa ia mengalami perubahan dialog di menit-menit terakhir syuting. Saat itu, Randy diminta melafalkan dialog dengan logat kuno yang sulit dilakukan. Berkat dedikasi dan keahliannya, Randy akhirnya bisa melakukan percakapan ini di film Qodrat, dengan hasil yang memuaskan bagi dirinya dan timnya.

  • Pertama kali bagi Marsha Timothy bermain laga

Marsha Timothy mengatakan bahwa film ini merupakan film pertama di mana ia harus melakukan adegan-adegan laga atau aksi. Karena memang selama dia terjun ke dunia perfilman tidak pernah satu kali pun memainkan film yang mengharuskan dirinya melakukan adegan laga. 

Bahkan fakta di lapangan mengatakan jika baik Marsha Timothy ataupun Vino G Bastian tidak menggunakan stuntman ketika mereka melakukan adegan berbahaya. Inilah salah hal yang membuat banyak orang ingin menonton film Qodrat.

  • Berkolaborasi dengan banyak rumah produksi

Film kodrat ini tidak hanya diproduksi oleh rumah produksi, yaitu Rapi Film. Tetapi berkolaborasi dengan banyak rumah produksi yaitu Ideosource Entertainment, Caravan Studio, Magma Entertainment, Astro Shaw serta Dunia Mencekam Production. Di mana dengan kolaborasi dari beberapa rumah produksi ini diharapkan bila film kodrat bisa menjadi salah satu film horor yang terbaik pada tahun 2022.

Nah, itulah tadi fakta-fakta unik tentang film Qodrat yang bisa kami berikan kepada kamu semua. Biar lebih asik lagi, tidak ada salahnya untuk menonton keseluruhan film ini di bioskop. Dengan begitu kamu bisa lebih mendapatkan pesan yang tertanam dalam film Qodrat.