Hati-hati Gaya Hidup Hedonisme, Ini Bahaya yang Mengintai Kamu

hedonisme

Pernah tidak mendengar tentang gaya hidup hedonisme? Kalau bahasa gaul anak zaman sekarang adalah “hidup hedon”. Gaya hidup yang satu ini bisa dijalankan oleh siapa saja. Tapi, tetap tidak semua orang bisa benar-benar menjalankan hidup hedonisme. Apa sebenarnya gaya hidup hedonis? Seberapa bahayanya menjalankan hedonisme dalam kehidupan sehari-hari? Untuk lebih jelas, mari sama-sama simak penjelasannya berikut ini. 

Pengertian dari Hedonisme 

Gaya hidup hedonisme sudah ada semenjak lama. Hedonisme adalah suatu gaya hidup yang mana suka membeli barang-barang mahal dan tidak berguna dalam hidup. Gaya hidup yang satu ini mungkin sering Anda lihat dilakukan oleh orang kaya. Tapi, sekarang ini tidak hanya orang kaya yang menjalankan hedonisme. 

Hedonisme sendiri berasal dari Yunani yang diambil dari kata Hedone dan mempunyai arti kesenangan. Sebenarnya Hedonisme bisa diartikan sebagai sebuah pandangan hidup atau ideologi. Dimana tujuan paling utama adalah menjalani hidup dengan menikmati kebahagiaan. 

KBBI sendiri memasukan hedonisme sebagai sebuah pandangan dari kesenangan serta kenikmatan yang berbentuk materi dan menjadi tujuan utama dalam kehidupan. Sehingga bisa diartikan pula bahwa hedonisme ini merupakan sebuah pandangan hidup untuk mencari kebahagiaan sebanyak mungkin. Hal ini sendiri dijalani agar tidak merasakan sakit. 

Kebanyakan orang yang menjalani hedonisme ini adalah orang yang tidak ingin merasakan sakit di dunia. Sehingga memilih untuk mendapatkan kebahagiaan dengan melakukan atau membeli barang-barang yang mereka mau. Perilaku hedonisme sendiri bisa berakhir positif maupun negatif. Tapi, kebanyakan akhir dari perilaku ini akan menyengsarakan orang yang menjalankannya. 

Apa Dampak Negatif dari Hedonisme?

Selama ini gaya hidup hedonisme sendiri jarang ada yang memberikan pengaruh positif. Kebanyakan dampak yang diberikan sangatlah negatif dan cenderung berbahaya. Berikut ini adalah dampaknya: 

1. Egois 

Seorang yang menjalani gaya hidup hedonis biasanya akan memiliki sifat yang sangat egois. Mereka tidak akan memikirkan orang lain. Karena tujuannya adalah membahagiakan diri sendiri, terkadang mereka tidak akan memperhatikan kebahagiaan orang sekitarnya. Maka tidak heran jika mereka menjadi orang yang egois. 

2. Individualis 

Sifat paling terlihat dari seorang yang hedonis adalah sangat individualis. Mereka lebih suka menyendiri. Hal ini karena mereka menganggap dirinya lebih penting dari orang lain.

3. Konsumtif 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa seorang yang menjalani gaya hidup hedonisme akan selalu membeli barang yang tidak mereka perlukan. Mereka akan terus membeli barang dan akan menjadi orang yang konsumtif. Karena orang yang menjalani gaya hidup ini sendiri akan merasa bahagia dengan selalu menghamburkan uang. 

4. Pemalas 

Seorang yang menjalani gaya hedonisme sendiri biasanya juga sangat pemalas. Hal ini sendiri karena mereka hanya bisa fokus terhadap apa yang membuat mereka bahagia. Semisalnya adalah dengan membeli barang mewah. Maka, ia hanya akan menempatkan pikiran pada barang mewah saja. 

5. Boros 

Dari sifat konsumtif dan hanya berfokus pada hal yang mereka senangi, maka sudah pasti seorang hedonisme akan memiliki sifat boros. Karena bagi mereka membeli barang tidak penting adalah hal yang membuat bahagia. Mereka tidak akan sadar bahwa mereka telah menghamburkan uang tanpa tujuan jelas. 

6. Hutang menumpuk 

Ketika sudah menghabiskan seluruh uang yang mereka punya untuk membeli barang tidak penting dan tidak bermanfaat, maka mereka akan memaksa untuk tetap bisa terus membeli. Akhirnya yang terjadi adalah mereka akan berhutang. Banyak kasus yang terjadi dimana para pelaku gaya hidup yang satu ini sendiri memiliki hutang hingga ratusan juta. 

7. Berani korupsi 

Kalau hutang sudah menumpuk dan tidak bisa membayar, maka bisa jadi pelaku hedonisme akan nekat untuk korupsi. Hal ini sendiri adalah akibat dari keinginan mereka yang hanya ingin senang saja tanpa mau merasakan sakit. 

Tips Agar Terhindar dari Hidup Hedonisme 

Dilihat dari penjelasan tersebut, maka terlihat sekali bahwa gaya hidup hedonisme ini tidaklah bermanfaat. Bahkan bisa menghancurkan hidup Anda. Adapun beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari gaya hidup hedonisme ini, berikut ini tipsnya:

1. Mulai sering bersyukur 

Anda harus sering bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki hingga sekarang. Kurang ataupun lebih adalah rezeki yang sudah Anda dapatkan. Dengan sering bersyukur maka Anda pun tidak akan mencari kebahagiaan lain dengan tindakan yang merugikan diri sendiri. 

2. Jalani hidup dengan sederhana

Cobalah untuk menjalani hidup dengan sederhana. Ketika Anda mempunyai pola pikir untuk tetap memilih hidup dengan apa adanya, maka Anda tidak akan menghabiskan uang untuk membeli hal yang tidak perlu. Hidup pun menjadi lebih nyaman dan juga tentram. 

Hedonisme memang gaya hidup yang penuh gemerlap. Bisa membeli apapun yang kita inginkan dan dipuji di mata sosial. Tapi, ingat bahwa hedonisme bisa menghancurkan Anda dalam sekejap bila tidak berhenti secepatnya.