Ini Alasan Kenapa Asuransi Jiwa Penting Untuk Hidupmu

asuransi

Beberapa orang dari kita mungkin berfikir untuk apa sih kita mendaftarkan diri kita ke asuransi jiwa, untuk apa asuransi jiwa lagi toh kita sudah punya investasi, uang yang cukup, gaji yang memadai, uang pendidikan anak telah tersedia, dan kebutuhan kebutuhan lainnya juga sudah tercukupi. Apa sih keuntungan kita semisal kita mengikuti asuransi jiwa? sebelum menjelaskan lebih lanjut  kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih asuransi jiwa itu. 

Asuransi jiwa merupakan program untuk perlindungan dalam bentuk pengalihan resiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan. Asuransi jiwa juga dapat diartikan sebagai asuransi yang memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris jika nasabah meninggal dunia. Asuransi jiwa juga sangat bermanfaat dan penting untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga setelah nasabah meninggal dunia.

Bagaimana cara kerja asuransi jiwa? Di dalam kehidupan kita, akan terjadi banyak resiko yang tidak kita ketahui, resiko yang bisa menimpa kita dan dapat berdampak pada kondisi keuangan atau financial. Dengan menggunakan asuransi jiwa kita bisa lebih tenang akan kondisi financial kita, itu karena dengan mendaftarkan diri kita ke asuransi jiwa, mereka akan menjamin keberlangsungan ekonomi dan kondisi financial kita tetap aman dan tidak terganggu.

Asuransi merupakan layanan jasa yang bergerak di sektor keuangan yang bertujuan untuk pengambilalihan resiko. Secara singkat, asuransi bekerja secara terangkai dalam rantai kerja perusahaan asuransi. Pada umumnya produk asuransi diciptakan berdasarkan kondisi terkini atau terdahulu. Beberapa cara kerja asuransi secara umum meliputi, menawarkan jenis-jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan nasah, membuat perjanjian polis asuransi, membayar premi, menerima klaim dan mencairkan klaim asuransi.

Mengapa asuransi jiwa penting bagi hidupmu? Berikut beberapa alasan kenapa asuransi jiwa penting bagi kehidupanmu.

1. Tabungan Masa Depan

Jika kalian orang yang sulit untuk menabung dan menyimpan uang di bank, anda mungkin membutuhkan asuransi jiwa. asuransi jiwa merupakan salah satu cara menabung untuk masa depan, karena dengan anda bergabung menjadi nasabah asuransi jiwa anda secara otomatis harus menyisihkan uang yang anda dapatkan untuk dibayarkan ke pihak asuransi.  jadi asuransi jiwa bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat kamu lakukan untuk menabung dalam memenuhi kebutuhan jangka panjang. itu karena pembayaran premi yang teratur, wajib dan tidak mudah diambil sewaktu-waktu.

2. Ketenangan Hati

Salah satu hal yang paling penting dalam hidup adalah ketenangan hati. hal itu juga yang membuat asuransi jiwa menjadi penting karena asuransi jiwa memberikan ketenangan finansial bagi nasabahnya. asuransi jiwa sangat berdampak pada seluruh anggota keluarga, pasalnya jika dalam suatu keluarga yang kepala keluarganya menjadi nasabah asuransi jiwa mereka tidak akan khawatir akan masa depan finansial mereka karena asuransi jiwa akan memberikan uang pertanggungan yang memadai bagi keluarga nasabah yang bisa dimanfaatkan untuk cicilan rumah, mobil, kartu kredit dan tagihan-tagihan lainnya. 

Selama ini telah terjadi banyak kasus hancurnya finansial keluarga saat ayah atau kepala keluarga secara tiba-tiba meninggalkan keluarganya. agar hal itu tidak terjadi maka dengan memiliki asuransi jiwa artinya kamu telah membantu meredakan pikiran dan juga membuat keluarga kamu menjadi lebih tenang dan nyaman dalam menjalani kehidupan.

3. Perlindungan Hal Tak Terduga

Hal utama yang paling penting dari seseorang mengikuti asuransi jiwa adalah untuk melindungi diri dari kejadian tidak terduga yang kapan saja bisa terjadi di masa depan. Apalagi jika kamu seorang kepala keluarga dan merupakan tulang punggung keluarga. dapat dibayangkan bagaimana kondisi keluarga kamu setelah kamu tinggalkan. oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri ke asuransi jiwa agar mendapatkan penanggungan yang akan diterima ahli waris.

4. Pendidikan Terjamin

Dengan manfaat asuransi, kamu tidak perlu lagi khawatir akan pendidikan anak kamu, karena asuransi akan memberikan sejumlah uang yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan anak bahkan sampai ke perguruan tinggi. hal ini akan sangat membantu jika dibandingkan ketika kamu tidak memiliki asuransi. pernahkah terpikirkan bagaimana nasib anak kamu jika ternyata setelah kepergianmu dia tidak bisa lagi melanjutkan sekolah dan tidak bisa lagi mengejar cita-cita yang sudah direncanakan selama ini.

5. Biaya Hidup Terjamin

Tuntutan biaya hidup sehari-hari akan sangat terasa berat ketika nantinya sudah tidak ada lagi tulang punggung di dalam keluarga. setelah tulang punggung keluarga meninggal nantinya, pemasukan akan sangat berkurang dan menjadi tidak selancar dulu, padahal keluarga masih memiliki berbagai tagihan yang harus dibayarkan. belum lagi anggota keluarga yang ditinggalkan masih harus memikirkan tentang kebutuhan masa depan yang harus dipenuhi. seperti biaya pendidikan anak yang selalu meningkat.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa asuransi jiwa sangat penting bagi kehidupanmu. ciptakan rasa aman bagi keluargamu agar mereka dapat melewati kesulitan yang ada.