Kelebihan Menjalani Hidup Minimalis, Pasti Selalu Tenang

Mungkinkah kamu merasa cukup dengan semua barang dan materi yang kamu miliki selama ini ? Pada dasarnya, manusia pasti memiliki sifat materialistis dan selalu saja merasa kurang. Padahal dengan menuruti keinginan untuk mengumpulkan materi dan membeli barang sebanyak-banyaknya, justru akan menjadi kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan finansial maupun mental.

Maka, tak heran jika saat ini semakin banyak orang yang memilih untuk menjalani hidup minimalis. Meskipun bukan perkara mudah untuk merelakan sesuatu yang kamu miliki selama ini. Namun banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh dengan menjalani gaya hidup minimalis.

Yuk, simak artikel ini untuk tahu lebih banyak tentang hidup minimalis !

Mengenal Hidup Minimalis 

Mungkin saat ini kamu sedang bertanya-tanya, seperti apa sih hidup minimalis itu. Prinsip hidup minimalis sebenarnya sama halnya dengan menjalani hidup secara sederhana dan apa adanya. 

Kamu tidak perlu punya banyak harta dan barang-barang. Karena belum tentu sebagian hal yang kamu miliki selama ini akan selalu digunakan atau dibutuhkan. Jadi, menjalani hidup minimalis berarti kamu harus memiliki gaya hidup yang tidak berorientasi pada kuantitas. Membiasakan diri dengan hal-hal yang memang benar-benar dibutuhkan. 

Contoh yang paling sederhana, saat  merasa cukup dengan satu hingga tiga buah tas, maka sebenarnya kamu tidak perlu koleksi ratusan tas. 

Manfaat Jalani Hidup Minimalis

Ada banyak manfaat dari menerapkan hidup minimalis, salah satunya hidupmu akan selalu tenang. Nah, manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Membuat Pikiran Jauh Lebih Fokus

Coba bayangkan ketika ada banyak  barang di sekitarmu, itu artinya kamu harus memikirkan satu per satu barang tersebut. Mulai dari memikirkan tempat penyimpanan hingga perawatannya. Ini tentu akan membuat pikiranmu terbagi sehingga mudah terdistraksi.

Pada akhirnya, kamu jadi sulit fokus di kehidupan sehari-hari. Lain halnya jika kamu hidup dengan barang-barang yang sedikit. Kamu akan merasakan hidup yang lebih tenang dan damai. 

  • Lebih Hemat Waktu dan Tenaga

Jika kamu menerapkan gaya hidup minimalis, maka kamu tak perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Berbeda jika kamu hidup dengan banyak barang, kamu harus menyempatkan waktumu untuk merawat barang-barang tersebut. Selain itu, tenaga yang kamu keluarkan lebih besar dibandingkan menjalani hidup minimalis.

Butuh tenaga untuk menata barang, mencuci, atau sekedar membersihkannya satu per satu. Kalaupun kamu menggunakan jasa ART, akhirnya akan ada tambahan alokasi pengeluaran yang seharusnya tidak terlalu perlu.

  • Hanya Memikirkan Hal-hal yang Penting

Dengan menerapkan hidup yang lebih minimalis, kamu akan terbiasa memikirkan sesuatu yang memang penting. Kamu tidak akan terlalu dipusingkan untuk hal-hal yang terlihat sepele. 

Hidup pun terasa jauh lebih santai tanpa harus terbebani oleh sesuatu yang tidak begitu penting. Tentu ini akan sangat baik untuk kesehatan mentalmu.

  • Belajar untuk Selalu Merasa Cukup

Tak akan ada habisnya jika kamu terus membandingkan hidupmu dengan orang lain. Kamu selalu berusaha untuk terlihat lebih dari yang lainnya dengan mengupayakan segala cara. 

Nah, berbeda jika kamu menjalani hidup apa adanya. Kamu akan belajar untuk selalu bersyukur dan merasa cukup dengan apa yang sudah kamu miliki. Jadi, mulai sekarang berhentilah membandingkan hidupmu dengan orang lain agar kamu pun bisa mengurangi rasa cemas yang berlebihan.

  • Mudah Mengambil Keputusan

Ketika kamu memiliki puluhan pasang sepatu, pasti kamu akan kebingungan untuk memilih mana yang ingin dipakai. Butuh waktu yang cukup lama untuk menentukan pilihan. Ini hanya contoh kecil saja yang mungkin sering dirasakan oleh orang-orang dengan gaya hidup mewah. 

Semakin banyak pilihan, maka semakin sulit untuk kamu membuat keputusan dengan cepat. Hal tersebut tentu akan sangat berpengaruh ketika kamu sedang diburu waktu. 

  • Kondisi Keuangan Lebih Sehat

Secara finansial, kondisi keuangan bisa lebih sehat dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Kamu akan lebih menghemat pengeluaran karena memilih untuk memprioritaskan kebutuhan daripada menuruti keinginan.

Tuntutan gaya hidup akan terus ada sampai kapanpun juga. Sehingga alangkah lebih baiknya  mengalokasikan pengeluaran untuk hal yang lebih bermanfaat, misalnya tabungan atau investasi. 

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa menjalani hidup minimalis ternyata akan membawa pengaruh yang baik untuk hidupmu. Kamu bisa mengawalinya dengan memilah-milah barang yang sudah tidak akan digunakan lagi. Nikmati hidup dengan harta dan barang-barang yang ada tanpa harus berkeinginan untuk terus menambahnya lagi. 

Dan yang paling penting, kamu bisa meredam egomu serta lebih bijak atur keuangan. Utamakan untuk mencapai kebahagiaan jangka panjang bukan yang hanya akan berlangsung sesaat. Semoga dengan mengetahui manfaat dari menjalani hidup minimalis, kamu bisa tertarik untuk menerapkannya ya !