Pasangan yang Paling Ikonik di Film Indonesia

Film-film bergenre drama romantis memang sudah melekat di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Ada yang kisahnya berlatar belakang fiksi maupun diadaptasi dari kisah nyata.

Nah kesuksesan sebuah film bergenre romantis ini pasti tidak terlepas dari keberhasilan pemeran utamanya yang memerankan sepasang kekasih. Apabila tidak didukung dengan akting yang menjiwai maka film tersebut sulit terkenang di memori para penontonnya. Untuk itu, dibutuhkan chemistry antar pemain agar kisah percintaan yang diangkat ke layar lebar bisa membekas di hati masyarakat seperti kisah Romeo & Juliet.

Di bawah ini terdapat daftar pasangan-pasangan ikonik dan fenomenal yang meramaikan perfilman Indonesia.

1. Galih dan Ratna

Galih dan Ratna adalah pasangan yang memerankan dua sejoli lewat film Gita Cinta dari SMA. Film tersebut dirilis 40 tahun lalu yaitu tahun 1979. Pasangan yang diperankan oleh Rano Karno dan Yessy Gusman ini berhasil mencuri perhatian publik. 

Dan akhirnya pada 1980, sang legenda Almarhum Chrisye mengabadikan nama Galih dan Ratna menjadi lirik lagu. Hingga sekarang lagu tersebut tetap populer karena dikemas ulang oleh beberapa musisi dengan lebih modern. D’Cinnamons membawakan ulang lagu Galih dan Ratna dengan diiringi gitar akustik, dirilis pada tahun 2009. Galih dan Ratna kembali dipopulerkan oleh salah satu grup musik yaitu GAC pada tahun 2017 dengan gaya upbeat mereka.

2. Rangga dan Cinta 

Siapa yang tak kenal dengan pasangan fenomenal Rangga dan Cinta ? Film yang diberi judul “Ada Apa Dengan Cinta ?” karya Rudi Soedjarwo yang dirilis tahun 2002 ini sangat terkenal dengan dialognya “Rangga, kamu jahat” diperankan oleh Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.

Mereka sukses membawakan peran Rangga dan Cinta lewat film tersebut dan menjadi sangat memorable hingga saat ini. Kemudian pada tahun 2014, sutradara Mira Lesmana
menghidupkan kembali tokoh fenomenal ini dengan membuat karya film pendek yang bisa dinikmati melalui Youtube. 

Tak hanya sampai disitu, kisah cinta Rangga dan Cinta berlanjut lewat “Ada Apa Dengan Cinta 2” yang disutradarai oleh Riri Riza. Film tersebut dirilis pada tahun 2016 untuk menyambung cerita yang belum selesai pada film pertama dan masih diperankan Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.

3. Adit dan Tita 

Drama cinta remaja selanjutnya ini berlatar belakang menara Eiffel yang diperankan oleh Samuel Rizal dan Shandy Aulia dirilis pada tahun 2003. Kisah cinta Adit dan Tita ini diadaptasi dari novel Eiffel.. I’m in Love karya Rachmania Arunita yang kemudian diangkat ke layar lebar disutradarai Nasri Creppy. Film Eiffel..I’m in Love menceritakan kisah cinta antara Adit yang cuek dengan Tita yang lucu dan menyebalkan. Lima belas tahun kemudian, film ini merilis sekuel keduanya dengan pemeran tokoh utama yang masih sama.

4. Radit dan Jani 

Film Radit dan Jani yang diperankan Vino G. Bastian dan Fahrani mengangkat kisah cinta remaja yang berada di pergaulan bebas. Film yang dirilis 2008 ini begitu kental dengan kenakalan remaja ketika SMA sehingga sangat ikonik. Kesuksezan Vino dan Fahrani memerankan tokoh utama Radit dan Jani tersebut akhirnya dapat meraih Piala Citra Kategori aktor dan aktris terbaik.

5. Farel dan Luna 

Pasangan ikonik selanjutnya adalah Farel dan Luna yang dibintangi Irwansyah dan Acha Septriasa dalam film “Heart”. Film ini menggambarkan kisah cinta segitiga antara Farel, Luna dan Rachel yang diperankan Nirina Zubir. Rachel menyimpan rasa cinta kepada sahabatnya, Farel dan berakhir bertepuk sebelah tangan saat mengetahui bahwa Farel mencintai Luna. 

Perhatian masyarakat tertuju pada Farel dan Luna karena kisah cinta mereka akhirnya sempat berlanjut di dunia nyata. Acha dan Irwansyah juga merilis single untuk soundtrack film Heart yang sangat populer pada saat itu yang diberi judul My Heart. 

Setelah sukses dengan film Heart yang dirilis tahun 2006 tersebut, Nayato Fio Nuala merilis sekuel kedua film Heart pada tahun 2010. Dengan cerita yang sama namun bukan lagi dibintangi oleh Irwansyah dan Acha Septriasa. 

6. Habibie dan Ainun 

Kisah cinta Habibie dan Ainun diangkat dari kisah nyata Presiden ke-3 Indonesia dan istrinya. Diperankan dengan sukses oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari sehingga membuat film garapan Hanung Bramantyo ini melejit penjualannya. Reza Rahardian mendalami peran sebagai Habibie dengan apik dari gestur tubuhnya hingga logat yang dibawakan sangatlah mirip. 

Di film Habibie dan Ainun tidak hanya diceritakan kisah cinta Habibie dan istri tetapi juga perjuangan Habibie sebelum dan saat menjadi orang nomor satu di Indonesia. Bukan hanya filmnya, lagu yang dirilis untuk soundtrack film Habibie dan Ainun juga tidak kalah populer. Dan hingga sekarang film ini sudah memiliki tiga sekuel yakni Habibie dan Ainun, Rudy Habibie dan Habibie Ainun 3.