Rekomendasi Film yang Bercerita Seputar Bisnis

Bagi kamu yang baru memulai sebuah bisnis, tentu perlu banyak belajar agar bisnismu tidak berada di tingkat yang itu-itu saja. Sebagai pelaku bisnis, tentu kita menginginkan bisnis kita mendapatkan omset yang besar. Sebelum ke hal itu, belajar dari berbagai hal sudah barang tentu langkah wajib.

Seperti yang kita ketahui, bisnis adalah aktivitas dari individu atau kelompok yang menawarkan barang dan jasanya untuk memperoleh keuntungan. Pengertian ini dapat juga dikatakan sebagai prinsip yang dipegang kebanyakan orang. Berbisnis begitu penting karena mampu meningkatkan kesejahteraan. Selain itu, bisnis yang kita bangun ini dapat membuka lapangan pekerjaan untuk orang baju. 

Beberapa jenis yang bisa kamu pilih adalah bisnis agraris yang bergerak di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, atau peternakan. Bisnis industri menghasilkan barang dari pengolahan dari barang baku seperti barang rumah tangga. Bisnis perdagangan seperti para distributor, kios, atau toko kelontong. Bisnis sektor jasa yang bergerak di bidang pelayanan, seperti rumah sakit, hotel, dan lainnya. Sektor pertambangan seperti batu bara minyak bumi, tambang, dan lainnya. Dan bisnis yang sedang naik daun adalah bisnis pariwisata. Semua bisnis di atas perlu kemampuan yang baik untuk mengolahnya. 

Salah satu tahap belajar bisnis adalah melalui tontonan film. Bahkan untuk kamu yang baru memulai bisnis, menonton film bisa jadi alternatif untuk menemukan ide bisnis apa yang tepat. Adegan demi adegan, cara pelayanan, atau aktivitas bisnis lainnya dapat kamu serap ke dalam bisnis yang kamu miliki. 

Pertanyaan selanjutnya adalah apa saja film yang bercerita tentang bisnis? sudah banyak film yang mengangkat tema bisnis menjadi sebuah cerita yang kompleks. Bahkan film itu sendiri adalah sebuah bisnis. Nah, berikut rekomendasi film yang bercerita tentang bisnis.

The Founder (2016)

Jika keinginan kamu membuka restoran cepat saji, sepertinya film ini bisa jadi bahan riset kamu. Bukan langkah ke langkahnya, tetapi bagaimana melewati fase-fase rendah seperti yang dialami restoran cepat saji ternama McDonald. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang Ray Kroc, yaitu seorang salesman mixer keliling yang mampu mengubah McDonald menjadi jaringan fast food sukses di dunia. Film ini mengajarkan kamu tentang melihat peluang dan kegigihan dalam berbisnis. 

JOY (2015) 

Perempuan juga bisa banget untuk berbisnis. Film Joy yang dirilis tahun 2015 ini mengangkat kisah seorang wirausahawan bernama Joy Mangano yang diperankan Jennifer Lawrence. Film ini menunjukkan perjuangan tokoh dalam film tersebut dalam membangun usaha. Seperti film pada umumnya, kisah ini menghadirkan konflik yang harus dihadapi. Seorang perempuan yang tangguh mampu mewujudkan mimpinya untuk brand yang ia yakini akan sukses. Kamu yang akrab dengan produk miracle Mop dan Huggable Hangers untuk pakaian, film ini cocok sekali untuk ditonton.

Steve Jobs (2015)

Kamu yang sering menggunakan produk Apple harus tahu seperti apa perjuangan perusahaan itu dalam mengembangkan bisnisnya. Film yang dirilis tahun 2015 ini menceritakan Steve Jobs, pendiri Apple Inc., dari menciptakannya, masalah-masalah yang dihadapi, sampai mampu melangkah jauh dan terbang tinggi. Film ini juga menceritakan bagaimana ketika ia kekurangan biaya dan harus dikeluarkan dari kampus. Film yang  dibintangi Michael Fassbender ini juga menceritakan sisi terendah dari seorang Steve Jobs sebelum berhasil menciptakan Apple Inc. sampai sekarang. Kamu yang mulai berbisnis harus siap dengan kegagalan demi kegagalan dan posisi terendah sebelum sampai di titik terbaik dalam bisnis

Laundry Show (2019)

Satu ini film dari Indonesia, Bro. Film dengan bumbu komedi ini menceritakan Uki atau Kokoh yang diperankan oleh Boy William. Kokoh membangun bisnis laundry. Tidak ada yang mulus-mulus saja dari sebuah bisnis. Seperti itu juga yang diceritakan dalam film ini. 

Konflik muncul saat harus berurusan dengan modal, kompetitor, sampai karyawannya sendiri yang memiliki keunikan-keunikan sendiri. Kamu yang punya keinginan membuka bisnis yang sama, bisa jadi pilihan dalam mempersiapkan mental dan lainnya untuk terjun ke bisnis. 

Filosofi Kopi dan Ben & Jody (2015 dan 2022)

Ya. Pecinta kopi pasti pernah nonton film Filosofi kopi yang dirilis pada 2015 lalu. Film ini dibintangi aktor terbaik indonesia, yaitu Chicco Jerikho (Ben), Rio Dewanto (Jody), dan Julie Estelle (El). Kisah di film ini menceritakan bagaimana seorang Ben yang merantau Jakarta sejak 12 tahun. Singkatnya, pertemuan Ben dan Jody menghasilkan kesepakatan mendirikan Filosofi Kopi, sebuah kedai kopi. Permasalahan yang dihadapi, mampu dilewati Ben dan Jody. Film ini mengajarkan kita tentang bekerja sama dalam urusan bisnis dan menepikan ego.

Seri lanjutan dari film Filosofi Kopi adalah Ben & Jody yang dirilis tahun 2022. Pada film ini, Ben memutuskan untuk pulang kampung. Konflik pun muncul ketika ada perusahaan yang ingin merebut tanah di daerah tersebut. Film kedua ini tidak terlepas dari permasalahan bisnis. Salah satunya peran pebisnis yang harus juga memiliki dampak yang positif di masyarakat. Kebanyakan saat ini, perusahaan main gusur perumahan warga untuk melancarkan bisnisnya. 

Sudah kepikiran mau nonton yang mana dulu? Siapkan akhir pekanmu untuk menonton film dengan tema bisnis sebelum memulai langkah menciptakan pasar baru.