Spesifikasi dari Samsung Galaxy Z Flip 3

Tanggal 11 Agustus tahun 2021, brand smartphone ternama Samsung kembali meluncurkan dua ponsel lipatnya di acara Galaxy Unpacked. Keduanya adalah Samsung Z Fold 3 dan Z Flip 3 yang telah berjaringan 5G. Dengan diluncurkan inovasi terbaru ini, Samsung berharap agar pengguna setianya dapat merasakan kegunaan dari semua fiturnya serta membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3

Pada bagian depan ponsel ini memiliki ukuran 1,9 inci dan telah dilengkapi dengan super amoled, untuk layar bagian dalam berukuran 6,7 inch FHD + dynamic amoled 2x serta didukung oleh adaptive refresh 120Hz.

Untuk kamera depannya 10 MP dan belakang memiliki dua lensa, ultra wide 12MP serta wide 12 MP, chipset dari Samsung Z Flip 3 ini sudah didukung oleh Snapdragon 888. Bagi Anda yang menggunakan dua provider, tidak perlu khawatir. Karena ponsel ini menyediakan fitur eSIM serta Nano SIM. Memori internalnya terbagi menjadi dua pilihan, yakni 128 GB dan 256 GB dengan RAM 8GB.

Kapasitas baterai dari Samsung Z Flip 3 adalah 3.300 mAH, sama dengan Z Fold 3 audio Z Flip 3 telah didukung oleh Dolby Atmos. Kemudian juga telah dilengkapi fitur face recognition, pin, fingerprint, pattern serta password. Varian warnanya sendiri cukup beragam, yaitu phantom black, green, lavender dan cream.

Kelebihan Samsung Galaxy Z Flip 3

Setelah Anda membaca spesifikasi dari Z Flip 3 diatas, pastinya Anda penasaran dengan kelebihan yang dimiliki oleh handphone ini. Simak beberapa poin dibawah ini :

  • Terobosan ponsel lipat

Walaupun tidak terdapat banyak perubahan dari Z Flip generasi sebelumnya, namun kali ini Samsung memberikan kejutan yang akan membuat Anda lebih terpukau. Tentunya hal tersebut mengacu pada sesuatu yang baik dan menyenangkan.

Jika pada generasi sebelumnya di bagian layar depan hanya akan muncul sebaris tulisan. Maka pada Z Flip 3 layar covernya lebih fungsional, contohnya Anda bisa membaca pesan masuk, melihat notifikasi serta sebagai viewfinder ketika Anda ingin selfie.

Layar cover milik Z Flip 3 juga dapat difungsikan sebagai cermin, lalu bila ingin mengambil foto Anda cukup menekan tombol volume yang berada di sisi samping. Kemudian ponsel ini juga memiliki fitur Flex Mode atau melakukan video call tanpa memegang ponsel.

Anda hanya harus menaruh ponsel dalam keadaan terbuka 90° dan Z Flip 3 akan “berdiri” tanpa bantuan stand holder. Tentunya ini memudahkan para penggunanya, ketika harus melakukan video call secara mendadak.

  • Bodi yang lebih ergonomis dan kokoh

Jika generasi pertama menggunakan Gorilla Glass 6 untuk bagian belakang, maka Z Flip 3 akan menawarkan pelindung Gorilla Glass Victus untuk bagian depan serta belakang. Material yang digunakan untuk bingkai depan dari ponsel ini adalah plastik polikarbonat dan alumunium.

Untuk dimensinya sendiri, Z Flip 3 memiliki ketebalan yang jauh lebih ringkas dari generasi pertama, yakni hanya 6,9 mm ketika dibuka dan ketika dilipat 15,9 mm sampai 17,1 mm. ini lebih tipis apabila dibandingkan sebelumnya dengan ketebalan 17,3 mm ketika dilipat dan 7,2 mm pada saat dibuka. Namun, untuk beratnya masih sama-sama 186 gram.

Samsung Z Flip 3 telah memiliki sertifikat dari IPX8, artinya bila ponsel ini tercebur ke air pada kedalam 1,5 meter, diyakini akan dapat bertahan selama 30 menit.

  • Telah didukung konektivitas 5G serta WiFi 6

Dengan adanya konektivitas 5G tentu ini merupakan hal yang baik. Jika generasi sebelumnya menghadirkan dua jaringan LTE juga 5G, maka Z Flip 3 hanya menyuguhkan 5G dan mengklaim apabila Anda akan dapat menikmati sensasi download yang cepat serta stabil.

Selain 5G, ponsel ini juga dilengkapi dengan WiFi 6 dan membuat sinyal internet menjadi lebih stabil serta cepat. Apalagi jika Anda memiliki hobi bermain game online atau menonton acara streaming. 

Kekurangan Samsung Galaxy Z Flip 3

Terlepas dari semua kelebihan yang dimiliki Z Flip 3, tentu akan ada kekurangannya dan Anda harus mengetahuinya.

  1. Walau pada Z Flip 3 telah dilengkapi dengan viewfinder dan tanpa membuka lipatan, Anda tetap bisa melakukan pemotretan tanpa perlu khawatir hasilnya akan buram. Sayangnya konfigurasi yang dimilikinya tidak mengalami peningkatan dan masih sama dengan generasi sebelumnya.
  2. Apabila Anda mencari ponsel dengan model flagship, namun memiliki kecepatan pengisi daya yang cepat. Mungkin dapat memilih ponsel lain selain Z Flip 3, karena dengan harga 10 juta ke atas, fast charging dari ponsel ini setara dengan smartphone yang lebih murah.
  3. Belum lagi dengan kapasitas baterainya yang hanya sebesar 3.300 mAH. Ketika ponsel berada di mode 120Hz serta brightness 80%, Z Flip 3 hanya bisa bertahan 11 jam pada penggunaan sedang.

Ketika Anda membeli Samsung Galaxy Z Flip 3, jangan terkejut bila tidak mendapatkan charger dan diharuskan untuk membeli secara terpisah. Karena sepertinya hal ini sedang menjadi tren. Namun, sepertinya kekurangan dari Z Flip 3 tidak mengurangi antusias para pengguna setia Samsung. Apalagi memang fitur-fitur yang dimilikinya sangat menyenangkan.