Suka Sama Akting Dian Sastro? Ini Deretan Filmnya

Dian Sastrowardoyo, seorang aktris Indonesia yang kemampuan aktingnya sudah tidak diragukan lagi. Sejumlah penghargaan berhasil diraih sebagai pemeran utama aktris terbaik. Maka tidak heran jika perempuan yang dilahirkan pada 16 Maret 1982 ini sangat populer di dunia perfilman.

Dian Sastro mengawali karirnya di dunia modeling dan sempat menyabet gelar juara pertama GADIS Sampul tahun 1996. Perannya sebagai Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta ? yang rilis tahun 2002 semakin membuat namanya melejit. 

Di tahun 2020 lalu, Dian Sastro juga mulai merambah ke dunia musik dengan merilis sebuah single yang menghadirkan kesan 80-an hasil kolaborasi bersama Diskoria yaitu “Serenata Jiwa Lara”. Dan single itu pun mendapat sambutan yang cukup meriah dari masyarakat terutama penggemarnya. 

Karirnya di dunia perfilman sudah lebih dari 2 dekade dan inilah deretan film-film yang dibintangi oleh Dian Sastro!

Deretan Film yang diperankan Dian Sastro

1. Pasir Berbisik 

Dirilis pada tahun 2001, film ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Daya yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo yang tinggal di perkampungan dekat pesisir pantai. Daya merupakan anak dari pasangan Berlian (Christine Hakim), seorang penjual jamu dan seorang dalang bernama Agus (Slamet Rahardjo). 

Ayahnya, Agus pergi meninggalkan rumah saat Daya masih kecil sehingga Berlian harus  membesarkan Daya seorang diri. Hidup di daerah yang masih terpencil membuat Berlian menjadi Ibu yang overprotektif terhadap Daya.

Peran Dian Sastro dalam film Pasir Berbisik yang menakjubkan, berhasil membuatnya meraih penghargaan Festival Film Asia Deauville, Prancis sebagai Aktris Terbaik.  

2. Ada Apa Dengan Cinta ?

Di tahun berikutnya Dian Sastro kembali muncul di film layar lebar bergenre drama cinta remaja. Dian Sastro sebagai pemeran utama yang bernama Cinta beradu akting dengan aktor Nicholas Saputra yang berperan sebagai Rangga.

Bercerita tentang percintaan remaja masa SMA dengan karakter Rangga yang dingin namun puitis, sedangkan Cinta digambarkan sebagai seorang gadis yang periang.

Ada Apa Dengan Cinta karya Rudi Soedjarwo dirilis pada 7 Februari 2002 menjadi salah satu film paling fenomenal dan berhasil mencetak rekor sebagai film Indonesia pertama yang ditonton 2,5  juta orang. 

Kesuksesan film ini membuat tokoh Rangga dan Cinta melekat pada diri pemainnya hingga sekarang. Dan kelanjutan kisah percintaan Rangga dan Cinta juga telah dibuat sekuel kedua yang rilis tahun 2014 lalu. 

3. Banyu Biru

Film yang dibintangi oleh Dian Sastro dan Tora Sudiro ini dirilis tahun 2005. Menceritakan kisah Banyu (Tora Sudiro) yang terinspirasi melakukan perjalanan untuk mencari jati dirinya dan mengobati kejenuhannya menjalani rutinitas sebagai pegawai supermarket.

Di tengah perjalanannya, Banyu dipertemukan dengan beberapa tokoh  salah satunya Sula, tetangga masa kecilnya yang diperankan oleh Dian Sastro. Pertemuannya dengan Sula akhirnya menuntun Banyu menemukan jawaban-jawaban yang selama ini dicari.

4. Kartini

Kualitas akting yang mumpuni dari seorang Dian Sastro, membawanya kembali menjadi tokoh utama. Sutradara Hanung Bramantyo mempercayakannya untuk memerankan tokoh Raden Ajeng Kartini pada tahun 2017.

Tidak seperti film-film sebelumnya, bermain peran sebagai Kartini, sosok pahlawan nasional adalah tantangan tersendiri bagi Dian Sastro.

Dian Sastro berusaha keras mempelajari karakter Kartini, mulai dari gaya bahasa yang menggunakan Bahasa Jawa Krama Alus dan juga gerak-geriknya. Film yang berkisah tentang perjuangan Kartini untuk memutus kesenjangan antara orang keturunan ningrat dan orang biasa.

Kartini juga menyetarakan hak pendidikan untuk para perempuan yang akhirnya dikenal dengan gerakan emansipasi wanita.

Dalam film Kartini Dian Sastro beradu akting dengan beberapa selebritis ternama lainnya seperti Acha Septriasa, Ayushita, Christine Hakim, Dwi Sasono, dan Denny Sumargo.

5. Aruna dan Lidahnya

Di tahun 2018, Dian Sastro disatukan lagi dengan Nicholas Saputra untuk bermain di film yang diadaptasi dari novel Aruna dan Lidahnya. Dian Sastro bermain sebagai Aruna seorang ahli epidemiologi yang melakukan penelitian terhadap virus flu burung di Singkawang, Pontianak, Pamekasan dan Surabaya. 

Bono, sahabat Aruna yang diperankan oleh Nicholas Saputra memutuskan ikut dalam penelitian yang akan dilakukan Aruna. Bono yang dikisahkan sebagai seorang chef, bermaksud ingin mencicipi kuliner dari berbagai daerah untuk menambah inspirasi dalam mengolah masakan.

Perjalanan kuliner itu ketambahan satu personil lagi yaitu Nad, sahabat Aruna dan Bono yang diperankan oleh Hannah Al Rashid. Nad ingin menuntaskan buku kuliner yang ditulisnya, itu sebabnya Nad tertarik mengikuti perjalanan Aruna dan Bono.

Film bergenre drama dengan suguhan potret kuliner Indonesia menambah daftar kesuksesan Dian Sastro dalam memerankan berbagai karakter tokoh. 

Itulah kelima judul di antara banyaknya film yang pernah diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Apakah semua film di atas sudah pernah kamu tonton ? Kira-kira film mana nih yang paling menarik versi kamu ?